(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

PAPARAN LAPORAN AKHIR IKM DAN SPM DISDIKPORA BULELENG

Admin disdikpora | 18 Desember 2017 | 374 kali

 

PAPARAN LAPORAN AKHIR IKM DAN SPM DISDIKPORA BULELENG

Singaraja, DISDIK TODAY| 
Setelah melaksanakan kegiatan survey selama dua bulan, Tim Ahli Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) dan Tim Pengkajian Standar Pelayanan Minimal (SPM) menyampaikan Laporan Akhir.

Kedua Tim yang masing-masing diketuai oleh Dr. I Wayan Suasthika, M.Pd. dan Prof. Dr. Sukadi, M.Pd. dari FIHS Undiksha secara bergantian menyampaikan paparanya di depan stakeholder dan pejabat lingkup Disdikpora Kabupaten Buleleng di aula kantor Disdikpora Kabupaten Buleleng, Jumat 15 Desember 2017.

Dalam paparan terkait Survey Kepuasan Masyarakat digunakan beberapa unsur indikator sebagaimana diatur dalam Permenpan RB nomor 14 Tahun 2017, yaitu: Persyaratan, Sistem, Mekanisme, Prosedur, Waktu Penyelesaian, Biaya/Tarif, Produk Spesifikasi, Jenis Pelayanan, Kompetensi Pelaksana, Prilaku Pelaksana, Penanganan Pengaduan, saran & masukan serta Sarana Parasana. Sedangkan dalam teknis analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan diagram radar dan diagram kartesius.

Semantara dalam Paparan Standar Pelayanan Minimal (SPM) disampaikan Hasil Studi Content Analysis yang meliputi 5 indikator bersentuhan dengan layanan publik diantarnya Rasio siswa per rombongan belajar; Rasio siswa per guru SD/MI dan rasio guru per satuan pendidikan; Rasio siswa SD/MI per ruang kelas dan banyaknya ruang kelas yang berkondisi baik per rombongan belajar; Rasio rombongan belajar per ruang kelas yang dimiliki oleh satuan pendidikan SD/MI; dan Rasio guru SD/MI yang berkualifikasi per sekolah.