(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

PELAKSANAAN UNBK KESETARAAN GELOMBANG II TAHUN 2017

Admin disdikpora | 16 Oktober 2017 | 375 kali

PELAKSANAAN UNBK KESETARAAN GELOMBANG II TAHUN 2017

Singaraja, DISDIK TODAY| Pelaksanaan Ujian Nasional Gelombang II Tahun 2017 yang diikuti Peserta Pendidikan Kesetaraan Paket B dan Paket C telah berjalan lancar. Hal tersebut disampaikan Kepala Bidang PAUD – PNF Disdikpora Kabupaten Buleleng, Dra. Nengah Pujiani, MAP. didampingi Kasi Kurikulum PAUD-PNF, Komang Sudarsana, S.Pd. saat melaksanakan pemantauan hari terakhir, Minggu, 15 Oktober 2017.

Ujian yang berlangsung dari tanggal 13 – 15 Oktober 2017 dengan mode Ujian Nasional Berbasis Komputer UNBK) ini diikuti sebanyak 115 peserta, masing-masing 30 orang peserta Paket B dan 115 orang peserta paket C yang terdaftar di SKB Buleleng, PKBM Hasta Kria, PKBM Widya Dharma dan PKBM Sari Mertha. Pelaksanaan UNBK berlangsung di sekolah fasilitator yang telah ditetapkan Puspendik, yaitu: SMAN 1 Singaraja, SMK N 2 Singaraja dan SMK TI Bali Global.

Sementara itu, pelaksanaan UNBK di Buleleng juga dimonitoring Dinas Pendidikan Provinsi Bali, melalui beberapa tim yang tersebar di Provinsi Bali. Sementara UNBK dari Tim Provinsi Bali di Kabupaten Buleleng dilaksanakan oleh Pelaksana Bidang GTK SMA, Dewa Sudarsana ke tempat UNBK Paket B dan C yang berlokasi di SMKN 2 Singaraja.

Selanjutnya disampaikan bahwa peserta Ujian tersebar di SMAN 1 Singaraja sebanyak 75 orang yang terdiri dari 18 orang Paket B dan 57 orang Paket C, di SMK N 2 Singaraja total 22 orang terdiri dari Paket B 3 orang dan 19 orang Paket C. Sementara di SMK TI Bali Global total 48 orang, Paket B 9 orang dan Paket C 39 orang.

Adapun untuk mata pelajaran yang diujikan untuk Paket B terdiri Bahasa Indonesia, PPKn, Matematika, IPS, Bahasa Inggris dan IPA, sedangkan Paket C terdiri dari mapel Bahasa Indonesia, Matematika, Ekonomi, Sosiologi, Geografi dan PPKn.

Dari rekap kehadiran yang dihimpun oleh Disdikpora Kabupaten Buleleng selama pelaksanaan UNBK mencapai 76 %. Peserta yang tidak hadir sebanyak 10 orang dari peserta ujian Paket B dan 17 orang dari peserta ujian Paket C dengan beberapa alasan ketidakhadiran antara lain pindah domisili, transmigrasi dan melahirkan.