(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

PEMBUKAAN PELATIHAN DAN PEMBINAAN CALON PASKIBRAKA KABUPATEN BULELENG TAHUN 2018

Admin disdikpora | 26 Juli 2018 | 1120 kali

PEMBUKAAN PELATIHAN DAN PEMBINAAN CALON PASKIBRAKA KABUPATEN BULELENG TAHUN 2018

Singaraja, Selasa, 24 Juli 2018 l DISDIKTODAY
Pelatihan dan pembinaan calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (PASKIBRAKA) Kabupaten Buleleng Yahun 2018 mulai dilaksanakan. Kegiatan ini merupakan persiapan dalam rangka menyambut HUT Kemerdekaan RI ke-73 tanggal 17 Agustus 2018. Penyelenggaraan upacara bendera sebagai wahana untuk mewujudkan upaya Bela Negara dalam mengisi kemerdekaan.

Laporan kegiatan disampaikan oleh Kabid Pemuda dan Olahraga, I Putu Sriyasa, SH didampingi Kasi Pemuda, Trisnayanti,
Kasi Pembibitan Prestasi Olahraga, 
nyomqn Heriadi, S.Pd dan Kasi kelembagaan dan Sarpras Pemuda dan Olahraga, Nyoman Omy Anggreni, S.Sos. Kabid PO melaporkan bahwa ada beberapa tahapan yang mendahului pembinaan dan pelatihan sampai saat ini, seperti tahapan seleksi peserta pelatihan, tahap latihan dasar PBB di tempat, tahap latihan dasar PBB berjalan, tahapan pembentukan Formasi Paskibraka dan tahapan pemantapan Formasi Paskibraka. Sedangkan untuk peserta sendiri terdiri dari 5 orang putra/putri perwakilan dari SMA/SMK Negeri maupun Swasta yang ada di Kabupaten Buleleng. Sehingga menjadi Paskibraka dengan jumlah peserta 70 orang.

Dalam kesempatan ini hadir Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng, Drs. Gede Suyasa, M.Pd yang sekaligus membuka kegiatan secara resmi. Di sela-sela Apel bersama Kadisikpora Buleleng menekankan khusus untuk para calon Paskibraka agar menggunakan kesempatan emas ini untuk mengikuti proses latihan dengan sebaik mungkin. Yang tak kalah penting juga adalah tentang penanaman pendidikan karakter, baik dari sisi unsur disiplin, tanggung jawab, kebersamaan dan kecintaan terhadap bangsa dan negara. Dalam mengikuti kegiatan ini peserta juga diharapkan lepas tanpa beban sehingga para peserta merasakan kegiatan ini adalah sebuah kewajiban dari bentuk pengamalan nilai-nilai kebangsaan.

Pelatihan dan pembinaan Paskibraka ini dilaksanakan mulai dari tangal 24 juli s.d. 15 Agustus 2018 dimana Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng bekerja sama dengan TNI/ POLRI untuk mengirim pelatih/pembina paskibraka yang ditunjuk berdasarkan sprin dari satker yang bersangkutan serta dibantu Purna Paskibraka Indonesia Kabupaten Buleleng.