(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

PEMUDA BULELENG IKUTI JPD PROVINSI BALI

Admin disdikpora | 19 Juni 2019 | 451 kali

PEMUDA BULELENG IKUTI JPD PROVINSI BALI

Denpasar, 18 Juni 2019 | DISDIK TODAY
Empat pemuda Buleleng ikut serta dalam seleksi Jambore Pemuda Daerah (JPD) Tingkat Provinsi Bali Tahun 2019 di Denpasar. Mereka masing-masing Ni Luh Putu Swari Praninda Dewi, Komang Febri Yuliandari, I Putu Gede Ariasa dan Putu Adi Indrawan dikoordinir oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng melalui Bidang Pemuda dan Olahraga mengikuti JPD Provinsi Bali tahun 2019 yang berlangsung selama 2 hari, 18 – 19 Juni 2019.

Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga, Disdikpora Kabupaten Buleleng, Ida Bagus Gde Surya Bharata seijin Kepala Disdikpora Buleleng sehari sebelumnya saat melepas keberangkatan peserta JPD, menyampaikan bahwa peserta JPD Kabupaten Buleleng bersama 32 perwakilan pemuda lainnya dari kabupaten/kota se Bali akan mengikuti rangkaian tahapan seleksi yang disiapkan oleh panitia dari Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Bali, untuk selanjutnya dipilih menjadi peserta Jambore Pemuda Indonesia (JPI) di tingkat nasional.

Kegiatan JPD merupakan salah satu ajang pencarian bibit-bibit pemuda pemudi yang tangguh dan bisa bersaing dalam kemajuan jaman, untuk mewujudkan Nangun Sat Kertih Loka Bali yang meliputi budi pekerti, kreativitas, terampil, cerdas dan inovatif serta dapat menumbuhkembangkan soft skill dan hard skill di masyarakat. Memberdayakan potensi pemuda untuk mengasah diri menjadi pemimpin di masa depan.

Sedangkan tujuan utama kegiatan ini adalah untuk meningkatkan wawasan kebangsaan kesadaran dan rasa cinta tanah air memahami keaneka ragaman sebi budaya memupuk rasa persatuan dan kesatuan bangsa meningkatkan pemahaman tentang Bhineka Tunggal Ika, rasa nasionalisme serta meningkatkan dan melatih kreativitas pemuda Indonesia menuju kemandirian. Demikian disampaikan Ketua Panitia Penyelenggara dalam laporannya.

Sementara Plt. Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Bali, Drs. I Made Rentin, AP.M.Si mengawali sambutan dan arahannya saat membuka JPD tingkat Provinsi Bali, Selasa 18 Juni 2019 menyampaikan salah satu yang dinilai dalam Jambore Pemuda Daerah adalah kreativitas dan kepempimpinan. “Catat kata-kata pemimpin. Seorang pemimpin akan lahir dari hal terkecil, pertama dan utama adalah cara dia memperhatikan,” demikian ungkapnya.

Lebih lanjut Plt. Kadis Pora Bali mengajak para peserta mengikuti kegiatan dengan bersungguh-sungguh, karena nantinya para peserta lebih dapat mempersiapkan diri untuk menerima tongkat estafet kepemimpinan daerah, daerah kabupaten/kota masing-masing, estafet kepemimpinan Bali dan tongkat estafet kepemimpinan nasional.

JPD yang mengusung tema Melalui Jambore Pemuda Daerah Kita Tingkatkan Wawasan dan Kreativitas Pemuda Nasional akan memilih 12 orang pemuda Perwakilan Bali yang akan berlaga di Jambore Pemuda Indonesia (JPI) yang akan dilaksanakan di Manado, Sulawesi Utara.