(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

PENDIDIKAN KELUARGA SALAH SATU LANGKAH PEMBENTUKAN KARAKTER DAN PENGETAHUAN ANAK

Admin disdikpora | 15 Juli 2019 | 356 kali

PENDIDIKAN KELUARGA SALAH SATU LANGKAH PEMBENTUKAN KARAKTER DAN PENGETAHUAN ANAK

Singaraja, Senin, 15 Juli 2019 |DISDIKTODAY
Pendidikan keluarga merupakan salah satu faktor pendukung yang signifikan dalam mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Pendidikan Keluarga juga merupakan amanah dari Permendikbud Nomor 30 Tahun 2017 tentang pelibatan keluarga pada penyelenggaraan pendidikan yang tentunya mesti kita sikapi dan laksanakan.Selain itu, pelaksanaan pendidikan keluarga pada era digital ini menjadi sangat relevan mengingat gangguan atau hal-hal negatif pengaruh dari dunia virtual sudah berada dalam genggaman anak-anak kita sehingga benteng utama untuk menangkisnya adalah keluarga, utamanya kita sebagai orang tua.Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng, Ir. Gde Darmaja, M.Si saat mebuka secara resmi kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Lintas Intansi (SKPD) tahap I Kelompok Kerja Pendidikan Keluarga Kabupaten Buleleng Tahun 2019 bertempat di Aula Kantor Disdikpora Buleleng.

Lebih lanjut lagi, bila bicara tentang Tri Sentra Pendidikan juga menyiratkan pesan bahwa keberhasilan pendidikan bisa dicapai bila terjadi kolaborasi dan kemitraan yang baik antar tiga unsur terkait. Dengan kata lain, prestasi dan keberhasilan yang diraih anak dalam pendidikan, sangat dipengaruhi oleh peran dan keharmonisan masing-masing unsur yang membentuk ekosistem pendidikan yang kondusif.

Sekali lagi harus ditegaskan bahwa sekolah tak bisa dituntut untuk melakukan segala-galanya demi keberhasilan pendidikan anak. Sekolah akan menjalankan porsinya sebagai institusi formal yang membantu keluarga untuk membentuk karakter dan pengetahuan anak.

“Ketika persepsi ini sudah berhasil kita tanamkan dengan baik pada orang tua maka distorsi antara di rumah dengan di sekolah tidak akan terjadi dan hal tersebut akan menjadi modal utama dalam menciptakan generasi emas 2045 yang cerdas, berkarakter, terampil menuju Indonesia yang maju dan sejahtera.” Imbuh Kadisdikpora Buleleng.

Seusai acara pembukaan dilanjutkan dengan penyampaian materi pendidikan keluarga oleh Sekretaris Disdikpora Buleleng, Made Astika, S.Pd, MM sekaligus sebagai ketua Pokja Pendidikan Keluarga Kabupaten. Sedangkan untuk penyampaian Best Pratice disampaikan oleh Kepala SMP N 1 Singaraja, Dra. Ni Putu Karnadhi, M.Si Turut juga hadir Kabid PAUD dan PNF , Dra. Ni Nengah Pujiani, M.A.P dan Pejabat dari Dinas terkait tentang pendidikan keluarga.