(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

PENGIMBASAN PROGRAM PPK TERHADAP 15 SD KECAMATAN BULELENG

Admin disdikpora | 23 Oktober 2017 | 708 kali

PENGIMBASAN PROGRAM PPK TERHADAP 15 SD KECAMATAN BULELENG

Singaraja, DISDIK TODAY | Sebagai sekolah Rintisan Pengauatan Pendidikan Karakter (PPK), SDN 3 Banjar Jawa memiliki kewajiban untuk melakukan desiminasi/pengimbasan terhadap sekolah-sekolah lain di sekitarnya. Oleh sebab itu pada Jumat, 20 Oktober 2017 dilakukan kegiatan IN 1 yaitu pengimbasan terhadap 15 SD di Kecamatan Buleleng yang bertempat di SDN 3 Banjar Jawa dan dihadiri oleh 15 Kepala Sekolah dan 15 guru.

Sekolah imbas tersebut antara lain: SDN 1 Astina, SDN 5 Banjar Jawa, SDN 4 Banyuning, SDN 7 Banyuning, SDN 1 Paket Agung, SDN 2 Paket Agung, SDN 1 Kaliuntu, SDN 2 Kaliuntu, SDN 4 Kaliuntu, SDN 5 Kampung Baru, SDN 5 Penarukan, SDN 1 Jinengdalem, SDN 2 Alasangker, SDN 1 Banjar Tegal, dan SDN 1 Kalibukbuk.

Kegiatan pengimbasan dibuka langsung Kepala Disdikpora Kabupaten Buleleng, Drs. Gede Suyasa, M. Pd. didampingi Kepala SDN 3 Banjar Jawa, Ida Bagus Soma Putra, M.Pd. Pada kesempatan itu Kepala Disdikpora memaparkan tentang pentingnya setiap sekolah membangun regulasi untuk mendukung pengembangan dan penguatan pendidikan karakter. Menurutnya, bahwa karakter mutlak harus dimiliki oleh setiap anak bangsa jika ingin berdiri sejajar dengan negara lain di tengah persaingan yang menggelobal.

Ada 5 nilai utama yang harus dikembangkan dalam PPK, yakni: Religius, Nasionalis, Mandiri, Gotong Royong, dan Integritas. Untuk mencapai itu menurut Kadisdikpora ada 3 hal yang harus dikuasai atau dipahami oleh setiap orang termasuk Kepala Sekolah dan Guru. Tiga hal tersebut adalah pengetahuan karakter, sikap mental berkarakter, dan perilaku berkarakter. Selanjutnya, di akhir pemaparan Kadisdikpora berpesan agar sekolah meniadakan terjadinya kekerasan (bullying) baik kekerasan fisik maupun kekerasan verbal.

Sebagai narasumber dalam kegiatan ini adalah Ni Ketut Irma Parwati, SE, M.Pd.,Widyaiswara LPMP Bali dan Kepala Sekolah SDN 3 Banjar Jawa, Ida Bagus Soma Putra, M.Pd. Selanjutnya kegiatan berikutnya akan dilanjutkan dengan kegiatan On 1, dimana kepala sekolah SD Imbas akan melakukan “magang“ selama 3 hari di SDN 3 Banjar Jawa untuk melihat secara langsung praktik-praktik terbaik pendidikan karakter yang diterapkan di SDN 3 Banjar Jawa dan untuk dapat diadopsi dan diterapkan di sekolah masing-masing.