(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

PENINGKATAN KOMPETENSI PEMBELAJARAN BERBASIS ZONASI MAPEL IPS DAN PKN

Admin disdikpora | 28 Oktober 2019 | 676 kali

PENINGKATAN KOMPETENSI PEMBELAJARAN BERBASIS ZONASI MAPEL IPS DAN PKN

Buleleng, Minggu 27 Oktober 2019 l DISDIKTODAY

 

Minggu kedua Pelaksanaan kegiatan Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) Berbasis zonasi kali ini menyasar 14 SMP Negeri dengan jumlah rombel 280 dan jumlah 16 kelas .Untuk mapelnya sendiri adalah IPS dan PKN di tersebar di 11 Pusat Belajar.

Seperti halnya di SMP N 3 Singaraja
, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng,. Ir. Gde Darmaja, M.Si berkesempatan hadir untuk memberikan sambutan dan arahan.Beliau sendiri mengungkapkan bahwa program PKP berbasis zonasi dikembangkan dengan mengikuti arah kebijakan Kemendikbud yang menekankan pembelajaran berorientasi Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi atau Higher Order Thinking Skills (HOTS).Selain itu
di dalam upaya menjaga keprofesionalannya, guru senantiasa harus meng-update diri dengan melakukan berbagai pengembangan keprofesian berkelanjutan.

Adapun manfaat dari kegiatan ini adalah membiasakan guru untuk membuat pembelajaran yang berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi mulai dari perencanaan, pelaksanaan hingga penilaiannya.Membiasakan siswa untuk berpikir tingkat tinggi sehingga dapat meningkatkan kompetensinya.

Dari informasi di lapangan kegiatan serupa juga dihadiri Kabid, kasi lingkup Disdikpora Kabupaten Buleleng.