(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

PENINGKATAN PENDIDIKAN KARAKER MELALUI WORKSHOP GURU BK

Admin disdikpora | 13 November 2018 | 1149 kali

PENINGKATAN PENDIDIKAN KARAKER MELALUI WORKSHOP GURU BK

Singaraja, Selasa 13 Nopember 2018 | DISDIKTODAY
Pentingnya bimbingan dan konseling dalam dunia pendidikan, maka peran Guru Bimbingan dan Konseling juga sangat strategis dan urgen. Untuk itu Guru BK perlu dikuatkan dan diajegkan eksistensinya.

Mengenai hal tersebut maka, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng sebagai leading sector di bidang pendidikan melalui kewenangannya dan programnya melaksanakan Workshop Penguatan Layanan Bimbingan dan Konseling SMP Tahun 2018.
Kegiatan workshop ini dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng yang dalam hal ini diwakili oleh Kabid Pembinaan SMP, I Made Sedana, S.Pd, M, Pd. didampingi Kasi kurikulum SMP, I Gusti Ngurah Agung Sukrisna, S.Sn.

Dalam laporan kegiatan yang disampaikan oleh Kabid PSMP tujuan umum kegiatan Workshop Penguatan Layanan Bimbingan dan Konseling SMP Tahun 2018 adalah untuk meningkatkan dan menguatkan kemampuan Guru Bimbingan dan Konseling atau konselor dalam merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi dan menindaklanjuti evaluasi layanan bimbingan dan konseling. Selain itu kegiatan ini juga salah satu bentuk memotivasi bagi guru-guru BK sebagai layanan terdepan untuk Pendidikan karakter siswa agar selalu berinovasi pembelajaran terkait dengan bimbingan konseling dan peningkatan Pendidikan karakter.

Adapun hasil yang diharapkan salah satunya adalah nantinya guru BK harus mampu mengimplementasi actionya di sekolah masing-masing sehingga seluruh siswa nantinya bisa medapatkan pelayanan dari guru BK tanpa terkecuali.

Peserta Kegiatan Pelaksanaan Workshop Penguatan Layanan Bimbingan dan Konseling SMP Tahun 2018 adalah Guru Bimbingan dan Konseling SMP sebanyak 60 guru
Selanjutnya, untuk narasumber dihadirkan dari Disdikpora Kabupaten Buleleng, Widyaiswara LPMP Bali, Ketua Asosiasi Bimbingan dan Konseling Provinsi Bali dan
Ketua MGBK SMP Kabupaten Buleleng.Sedangkan untuk waktu pelaksanaan Workshop Penguatan Layanan Bimbingan dan Konseling SMP Tahun 2018 dilaksanakan selama 4 (empat) hari dari Selasa s.d Jumat, 13 s.d 16 November 2018 bertempat di SMP N 2 Singaraja.