(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

PENTINGNYA GERAKAN BUDAYA MENULIS BAGI GURU DI ERA LITERASI

Admin disdikpora | 05 Desember 2017 | 840 kali

PENTINGNYA GERAKAN BUDAYA MENULIS BAGI GURU DI ERA LITERASI

Sukasada, DISDIK TODAY | “Guru memang bukan orang hebat, tetapi semua orang hebat lahir dari seorang Guru.” Petikan slogan ini diharapkan nantinya mampu memotivasi guru dalam hal mendidik siswa. Salah satu yang dihadapi oleh guru adalah permasalahan budaya menulis ilmiah di kalangan guru yang masih sangat rendah. Sehubungan dengan itu, untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun artikel ilmiah dan membiasakan diri untuk menulis, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng menyelenggarakan Workshop Penyusunan Artikle Ilmiah bagi guru-guru se- Kabupaten Buleleng pada Senin, 4 Desember 2017.

Di hadapan sekitar 120 peserta workshop, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng, Drs. Gede Suyasa, M.Pd. membuka secara resmi kegiatan ini. Dalam sambutannya Kadisdikpora menyampaikan masukan kepada para guru, dimana guru harus memiliki kompetensi kemampuan di bidang akademik, yang salah satu wujudnya adalah dalam hal penyususnan karya tulis, baik itu lewat PTK atau membuat penulisan artikel ilmiah.

Selain itu konsep menulis ini juga perlu ditingkatkan sehingga bisa menjadi budaya menulis dengan didorong oleh gerakan literasi yaitu budaya baca. Sehingga hal ini akan memberikan embrio, vibrasi kepada para siswa untuk mengikuti gerakan literasi dan gerakan gemar membaca.

Lebih lanjut ajaknya, perlu dipahami bahwa gerakan literasi ini sangat dibutuhkan apalagi di era literasi seperti sekarang. Walaupun dituntut memiliki kemampuan untuk menulis, para guru juga tidak boleh melupakan tugas pokok sebagai pendidik karena mendidik itu juga penting. Maka dari itu diharapkan guru lebih banyak waktu untuk membimbing dan mendampingi siswa didalam proses belajar mengajar sehingga pendidikan karakter bisa terwujud.

Kegiatan workshop yang diselenggarakan Bidang Pembinaan GTK ini berlangsung selama 3 hari mulai dari tanggal 4 sampai dengan 7 Desember 2017 bertempat di SD Negeri 3 Sambangan. Kegiatan ini juga dihadiri Kabid Pembinaan GTK Disdikpora, I Nyoman Darta, S.Pd.,M.Pd., Kepala UPP Kecamatan Sukasada, I Nyoman Sutama, S.Pd.,M.Pd. serta Narasumber. Melalui kegiatan ini diharapkan nantinya akan menghasilkan guru yang kreatif dan inovatif di dunia pendidikan khususnya di Kabupaten Buleleng.