(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

PENTINGNYA PERSONAL DESKRIPSI SISWA BAGI GURU DALAM MENERAPKAN KURIKULUM

Admin disdikpora | 19 Juli 2018 | 448 kali

PENTINGNYA PERSONAL DESKRIPSI SISWA BAGI GURU DALAM MENERAPKAN KURIKULUM

Singaraja, Rabu ,18 Juli 2018 l DISDIKTODAY

Perangkat mata pelajaran dan program pendidikan yang biasa dikenal dengan kurikulum tentu harus dipahami secara baik oleh guru. Pendalaman serta pelaksanaan diharapkan nantinya mampu memberikan vibrasi positif kepada siswa di dalam proses pembelajaran.

Terkait hal tersebut ,bertempat di SMP N 7 Singaraja dilaksanakan kegiatan Pelatihan Peningkatan Profesionalitas Guru melalui penyusunan perangkat pembelajaran yang dimulai hari Rabu, 18 Juli s.d 21 Juli 2018.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng, Drs.Gede Suyasa, M.Pd. yang sekaligus pada kesempatan ini memberikan sambutan dan materi tentang penyusunan perangkat pembelajaran.

Seperti dijelaskan Kadisdikpora Buleleng bahwa, apapun kurikulum yang nantinya diterapkan oleh guru di sekolah ,salah satu hal terpenting guru diharuskan memiliki komitmen dan integritas. Membangun proses pendalaman dan pemahaman tentang kurikulum, ada baiknya guru perlu memiliki deskripsi personal siswa sebagai dasar untuk memudahkan melakukan pendidikan karakter sehingga guru mengetahui keadaan siswa itu sendiri. Hal ini merupakan salah satu strategi pendekatan emosional dalam membimbing siswa sehingga terciptanya kenyamanan di dalam proses pembelajaran.

Kegiatan ini diikuti oleh para guru di SMP N 7 Singaraja. Melalui kegiatan ini Kadisdikpora Buleleng menekankan "berhasil atau tidaknya sekolah ditentukan oleh guru itu sendiri supaya bisa menghasilkan output yang berkualitas".