(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

PENYAMPAIAN RANCANGAN AWAL SKM DISDIKPORA

Admin disdikpora | 06 November 2017 | 334 kali

PENYAMPAIAN RANCANGAN AWAL SKM DISDIKPORA

Singaraja, DISDIK TODAY | Disdikpora Kabupaten Buleleng sebagai salah satu unit penyelenggaraan pelayanan publik melaksanakan Survei Kepuasan Masyarakat. Kegiatan yang akan berlangsung hingga pertengahan Desember 2017 ini bertujuan untuk mengukur tingkat kepuasan masyarakat terhadap layanan yang telah diberikan Disdikpora Kabupaten Buleleng sesuai dengan urusan yang diselenggarakan.

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng, Drs. Gede Suyasa, M.Pd. dalam arahannya saat mengikuti Paparan Rancangan Awal Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) di Ranggon Sunset menyampaikan bahwa sesuai dengan Tupoksi Disdikpora Kabupaten Buleleng sebagai penyelenggara pelayanan publik pada bidang urusan dibidang Pendidikan, Pemuda dan Olahraga diharapkan untuk menyusun Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) yang dilaksanakan melalui Survei Kepuasan Masyarakat. Hal tersebut sesuai pula dengan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2017 Tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat. Selanjutnya, dari hasil kegiatan ini diharapkan akan diperoleh gambaran tingkat kepuasan masyarakat atas layanan yang diberikan oleh Disdikpora Kabupaten Buleleng sebagai masukan dalam penyusunan rencana kerja pada tahun mendatang.

 

Sementara, Tim Peneliti dari Universitas Pendidikan Ganesha yang diketuai oleh Prof. Dr. Sukadi, M.Ed.,M.Pd. menyampaikan bahwa nantinya penyusunan SKM Disdikpora Kabupaten Buleleng ini bergerak mulai dari rumusan masalah yang akan menghasilkan produk diantaranya pemetaan IKM terhadap pelayanan Disdikpora, perkembangan kinerja pelayanan Disdikpora dan model kebijakan peningkatan kualitas pelayanan. Produk tersebut nantinya akan bermuara pada Rencana Kerja Tindak Lanjut (RKTL) yang dapat dimanfaatkan oleh Disdikpora Kabupaten Buleleng dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Disamping membahas tentang IKM, pertemuan yang dihadiri perwakilan SKPD terkait diantaranya Bappeda dan Litbang Kabupaten Buleleng, Bagian Organisasi Setda Kabupaten Buleleng, MKKS SMP, K3S, K3TK dan Jajaran pejabat di lingkungan Disdikpora Kabupaten Buleleng tersebut, juga memaparkan tentang rencana Kajian Standar Pelayanan Minimal (SPM) Pendidikan Dasar yang telah dilaksankan oleh Disdikpora Kabuapaten Buleleng.