(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

PENYERAHAN BONUS BAGI ATLET PELAJAR 2017

Admin disdikpora | 14 Desember 2017 | 507 kali

PENYERAHAN BONUS BAGI ATLET PELAJAR 2017

Singaraja, Rabu 13 Desember 2017|DISDIKTODAY
Prestasi Kontingen Kabupaten Buleleng dalam mengikuti Pekan Olahraga Pelajar (PORJAR) Provinsi Bali Tahun 2017 sangat membanggakan. Bagaimana tidak setelah mengikuti pertandingan dan lomba selama 7 hari, Kontingen Bumi Panji Sakti ini berhasil merebut 58 Medali Emas, 61 Medali Perak, dan 94 Medali Perunggu dari 20 cabang olahraga yang dipertandingkan dan 4 cabang olahraga eksebisi.

Bertempat di Gedung Wanita Laksmi Graha Singaraja, Rabu 13 Desember 2017 sebanyak 424 orang, terdiri dari 30 panitia, 85 pelatih dan official serta 339 atlet dan artis pelajar menghadiri acara penyerahan bonus bagi atlet dan pelatih berprestasi pada PORJAR Provinsi Bali tahun 2017. Dalam kesempatan tersebut juga diserahkan bonus bagi Atlet berprestasi di tingkat nasional dan internasional.

Dalam laporannya, Kepala Disdikpora Kabupaten Buleleng yang diwakili oleh Kabid Pemuda dan Olahraga, Putu Sriyasa, SH menyampaikan bahwa kegiatan penyerahan bonus ini sebagai bentuk pertanggungan jawab Pemerintah Daerah Kabupaten Buleleng untuk memberikan penghargaan kepada atlet pelajar atas prestasinya di bidang olahraga. Disamping itu, hal ini juga memberikan motivasi dan daya dorong kepada atlet untuk lebih meningkatkan prestasinya ke tingkat yang lebih tinggi pada event-event berikutnya.

Sementara itu Bupati Buleleng dalam sambutannya yang dibacakan Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng, Drs, Gede Suyasa, M.Pd. menyampaikan bahwa pemberian bonus bagi atlet berprestasi merupakan salah satu strategi yang tepat, guna menjamin keberlanjutan upaya peningkatan prestasi tersebut serta upaya-upaya lain, seperti menemukan strategi-strategi atau teknik-teknik yang tepat untuk mempercepat peningkatan hasil pembinaan.

Bupati Buleleng juga mengapresiasi penuh upaya dari panitia, pelatih, official dan atlet untuk mencapai target yang diinginkan, yaitu perolehan medali meningkat 20 persen dari tahun sebelumnya. Dari hasil tersebut, 75 persen dari jumlah atlet yang dikirim berhasil memperoleh medali. Dengan prestasi ini Kontingen PORJAR Kabupaten Buleleng dinobatkan sebagai Juara Umum III.

Bonus PORJAR tahun 2017 dianggarkan sebanyak Rp. 461.700.000,- untuk (75% dari 322 atlet) dan 71 pelatih dan official, maka bonus yang diberikan sesuai dengan perolehan medali bagi atlet baik di nomor perorangan, ganda maupun beregu. Sementara untuk para pelatih dan official diberikan bervariasi berdasarkan perolehan medali pada masing-masing cabang olahraga.

Sedangkan untuk atlet berprestasi di tingkat nasional, bonus diberikan sebesar 2 juta rupiah per orang dan bagi atlet berprestasi ditingkat internasional diberikan bonus sebesar 8 juta rupiah per orang. Untuk siswa yang berprestasi pada olimpiasde sains nasional 2017 bonus diberikan sebesar 3 juta rupiah per orang.

Lebih lanjut, kegiatan penyerahan bonus ini juga dirangkaikan dengan penyerahan bonus kepada atlet yang berhasil meraih prestasi pada event O2SN tingkat nasional dan penyerahan bonus kepada Putu Luhur Apngal Kusuma, siswa SMP N 2 Singaraja yang berhasil meraih 3 Medali Emas pada Asean Age Group ke – 18, Open Chess Championships 2017 di Malaysia. Disamping itu bonus juga diberikan kepada pelajar yang berhasil meraih prestasi nasional pada lomba olympiade sain nasional (OSN) tingkat sekolah dasar.