(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

PENYERAHAN NASKAH USBN SD DAN PENDIDIKAN KESETARAAN

Admin disdikpora | 02 April 2018 | 622 kali

PENYERAHAN NASKAH USBN SD DAN PENDIDIKAN KESETARAAN

Singaraja, DISDIK TODAY|

Setelah menyelesaikan tugasnya dalam persiapan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) jenjang SD dan Pendidikan Kesetaraan, Kelompok Kerja Guru SD dan Forum Tutor Kabupaten Buleleng menyerahkan Master Naskah Soal USBN kepada Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleng. Acara yang berlangsung di SMPN 1 Singraja, Kamis 29 Maret 2018 dihadiri langsung Kepala Disdikpora Kabupaten Buleleng, Drs. Gede Suyasa, M.Pd. didampingi Kepala Bidang Pembinaan PAUD-PNF, Dra. Nengah Pujiani, MAP, Kasubag Perencanaan, IBG Surya Bharata, S,Pd.,MAP.

Koordinator Penyusunan Soal USBN SD, I Gusti Ayu Putu Sri Darmawati, M.Pd. dalam laporannya menyampaikan bahwa pihaknya telah menyelesaikan tugas dalam penyusunan soal USBN SD untuk 3 Mapel yang diujikan, yaitu Bahasa Indonesia, Matematika dan IPA. Dimana rangkaian proses penyusunan diawali dari pembuatan kartu soal, penyusunan bank soal dan perakitan soal dengan menggabungkan soal yang disususn KKG dengan soal anchor yang diberikan BSNP Pusat, dengan komposisi 75-80% local, 20-25% pusat.

Kepala Disdikpora Kabupaten Buleleng, dalam arahannya menyampaikan terima kasih atas upaya serta semangat kerja KKG dan Forum Tutor dalam menyusun soal-soal USBN SD maupun Pendidikan Kesetaraan, hingga tuntas sampai hari ini. Lebih lanjut Kadisdikpora berpesan bahwa filosofi dari sebuah evaluasi adalah adanya kesesuaian antara alat ukur yang digunakan dengan kondisi ketuntasan belajar siswa. Disamping itu, menjaga integritas dalam evaluasi lebih penting daripada sekadar nilai tinggi yang diperoleh dengan cara-cara yang tidak dibenarkan. Pada saatnya nanti akan ada titik temu antara integritas dengan prestasi, yang mencerminkan kondisi ideal sebuah proses Pendidikan yang berkarakter.

Selanjutnya, Kepala Disdikpora Kabupaten Buleleng menerima Master Soal USBN SD dari Koordinator Penyusunan Soal USBN SD, I Gusti Ayu Putu Sri Darmawati, M.Pd. dan Master Soal USBN Pendidikan Kesetaraan, dari Forum Tutor yang diserahkan oleh Ketua Forum Tutor Kabupaten Buleleng, Sri Kusuma, M.Pd. yang diakhiri dengan penandatanganan Berita Acara Serah Terima.