(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

PERESMIAN GEDUNG SD N 4 BONDALEM, DIHARAPKAN TINGKATKAN ANTUSIAS ANAK BERSEKOLAH

Admin disdikpora | 08 Desember 2017 | 377 kali

PERESMIAN GEDUNG SD N 4 BONDALEM, DIHARAPKAN TINGKATKAN ANTUSIAS ANAK BERSEKOLAH

Bondalem, DISDIK TODAY| Pembangunan insfrastruktur pendidikan di Kabupaten Buleleng semakin bergeliat. Hal ini terbukti dengan diresmikannya gedung SD N 4 Bondalem oleh Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana, ST. Acara yang berlangsung pada Kamis, 7 Desember 2017diawali dengan upacara Pemelaspas Bangungan. Selanjutnya peresmian ini ditandai dengan pemotongan pita oleh Bupati Buleleng didampingi Sekretaris Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng, I Made Ngadeg, S.Pd. M.Pd, Camat Tejakula Kepala Desa Bondalem dan disaksikan beberapa Pimpinan OPD Lingkup Pemkab Buleleng, beserta sejumlah masyarakat setempat.

Dalam laporan Kadisdikpora Buleleng yang diwakili Sekretaris Disdikpora Buleleng, I Made Ngadeg, S.Pd. M.Pd menyampaikan pada tahun 2017 di siapkan anggaran Rp. 922.022.000 untuk pembangunan 6 ruang kelas dan pemagaran bagian depan termasuk gapura yang seluruhnya bersumber dari APBD Kabupaten Buleleng tahun 2017.

Pembangunan SD N 4 Bondalem ini bertujuan untuk menghindari overload yang terjadi. Terlebih melihat antusias masyarakat Bondalem yang sangat menginginkan agar salah satu SD direlokasi, ini juga terkait dengan SD N 6 Bondalem yang letakknya bagian di timur desa selalu penuh pada saat pendaftaran siswa baru. Oleh karena itu, apa yang di inginkan masyarakat seperti gayung bersambut sebenarnya dengan sistem zonasi dalam pendidikan sekarang.

Jadi dengan sistem zonasi diamana sekolah berada di pemukiman penduduk, sehingga anak-anak tidak mesti sekolah dengan jarak yang jauh. Dengan demikian, diharapkan anak-anak lebih antusias untuk bersekolah dan tidak terjadi DO, serta mendongkrak angka partisipasi sekolah, APK-APM. “Kita menekan seminim mungkin DO itu, apalagi lokasi sekolah ini termasuk di daerah datar merupakan desa modern bukan terletak di desa terpencil” ungkap Sekdis Disdikpora Buleleng.

Sementara Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana, ST mengungkapkan kebahagiaanya karena pembangunan tahap pertama SDN 4 Bondalem telah rampung. Dengan pembangunan SDN 4 Bondalem ini kesempatan untuk untuk menikmati pendidikan lebih meningkat. Terpenuhinya sarana dan prasarana sekolah maka proses belajar mengajar akan berkualitas. Untuk itu, Bupati Buleleng menugaskan Disdikpora untuk melanjutkan pembangunan sekolah ini.

Selanjutnya, Pemkab Buleleng akan merancang dana di tahun 2018 dan 2019 untuk pembangunan ruangan kepala sekolah, pagar, perpustakaan dan kelengkapan lainnya.