(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

Peringatan Hari Sumpah Pemuda di Buleleng

Admin disdikpora | 29 Oktober 2014 | 901 kali

Upacara Bendera sebagai peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-85 di kabupaten Buleleng dipusatkan di Taman Kota Singaraja pada hari ini, Senin (28/10). Dalam sambutan tertulis Menteri Pemuda dan Olahraga yang dibacakan Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana mengajak semua pemuda untuk meyakinkan dunia bahwa generasi pemuda tetap memelihara kesantunan di tengah berbagai perubahan nilai moral dan sosial yang melanda dunia.
Selain itu Menteri Pemuda dan Olahraga juga mengingatkan pada tahun 2015 Indonesia akan memasuki era Komunitas ASEAN 2015, yang meliputi komunitas keamanan, ekonomi, dan sosial budaya. Dalam era ASEAN 2015 tersebut pemuda Indonesia mau tidak mau diminta kesiapan untuk mampu bekerjasama secara terbuka dalam mengelola arus barang dan jasa, dan menuntut kesiapan bekerjasama dengan berbagai komunitas dari berbagai negara ASEAN.  Berdasarkan tantangan itu, tema peringatan Sumpah Pemuda pada tahun 2013 ini mengusung ajakan agar pemuda mewujudkan kesantunan, cerdas, inspiratif dan berprestasi.
Usia memimpin upacara, Bupati Buleleng menyatakan apresiasi terhadap tema peringatan Sumpah Pemuda dan berharap agar para pemuda Buleleng juga menjaga kesantunan dan cerdas. “ Kesatunan sangat penting untuk pemuda-pemuda Buleleng. Saya tidak ingin pemuda-pemuda di Buleleng tergerus oleh degradasi moral dan etika yang mengakibatkan benturan sesama pemuda,” katanya. Sedangkan kecerdasan sangat diperlukan agar mampu bersaing dalam era global. Untuk ini diminta Disdik Buleleng sebagai leading sektor kegiatan peringatan Sumpah Pemuda untuk mensosialisasikan tema Sumpah Pemuda yang sangat relevan dan bermanfaat bagi para pemuda