(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

PERLU PEMAHAMAN LITERASI GUNA MEMPERKUAT KSPAN

Admin disdikpora | 25 Mei 2018 | 414 kali

PERLU PEMAHAMAN LITERASI GUNA MEMPERKUAT KSPAN

Lovina, Kamis 24 Mei 2018 l DISDIKTODAY

Guna meningkatkan pengetahuan generasi muda tentang bahaya AIDS dan penyalahgunaan Narkoba serta untuk memberikan pemahaman tentang pelaksanaan KSPAN di sekolah sejak dini, maka pada Kamis, 24 Mei 2018 Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Siswa Tutor Sebaya KSPAN tingkat Kabupaten Buleleng bertempat di Hotel Melka Lovina.

Kepala Bidang Pemuda dalam Laporan kegiatan yang disampaikan oleh Kasi Pembibitan dan Prestasi Olahraga, Nyoman Heriadi, S.Pd. menyampaikan, sebanyak 205 orang peserta dari 164 siswa/i Sekolah Menengah Pertama dan 41 guru pembina pendamping KSPAN di Kabupaten Buleleng ikut serta dalam kegiatan 
ini.

Pelatihan Tutor Sebaya KSPAN dibuka secara resmi oleh Bupati Buleleng yang dalam kesempatan ini diwakili oleh Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng, Drs. Gede Suyasa, M.Pd. Dengan terlaksananya kegiatan pelatihan ini tentu sebuah langkah melatih siswa menjadi tutor, dikarenakan 
teman sebaya memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap tindakan perilaku serta menyaring informasi.

Selain itu, yang tak kalah penting adalah anak- anak harus memiliki kekuatan literasi baik menyangkut literasi media dan literasi digital tentang pengaruh media saat ini. Selanjutnya, hal yang paling mendasar adalah semakin banyak tutor yang kuat semakin banyak pula anak yang terhindar dari bahaya Narkoba dan HIV AIDS.

Kegiatan pelatihan ini juga turut mengundang Ketua BNNK Kabupaten Buleleng, Pimpinan Instansi Dinas/Badan Kantor di lingkungan Pemkab Buleleng serta menghadirkan narasumber dari LSM Yayasan Citra Usadha Indonesia (YCU),Badan Narkotika Nasional Kab. Buleleng dan juga Pengawas Sekolah.

Melalui pelatihan yang dilaksanakan sehari ini diharapkan
Anggota KSPAN nantinya mampu memberikan penyuluhan kepada orang lain seperti warga sekolah atau bahkan masyarakat sekitar.