(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

PERSIAPAN BIMTEK PENGUATAN SPMI SMP TAHUN 2017

Admin disdikpora | 25 September 2017 | 693 kali

PERSIAPAN BIMTEK PENGUATAN SPMI SMP TAHUN 2017

Singaraja, DISDIK TODAY | Guna lebih memantapkan pelaksanaan Bimbingan Teknis Penguatan Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Internal (SPMI) SMP Kabupaten Buleleng Tahun 2017, Rabu 20 September 2017 bertempat di Ruang Rapat SMPN 2 Singaraja, dilaksakanlah rapat persiapan yang membahas kegiatan dimaksud.

Hadir dalam rapat tersebut, Sekretaris Disdikpora Kabupaten Buleleng, I Made Ngadeg, S.Pd, M.Pd selaku Ketua Tim Penjaminan Mutu Pendidikan Daerah (TPMPD) Kabupaten Buleleng didampingi Kabid PSMP Disdikpora Kabupaten Buleleng, I Made Sedana, S.Pd, M.Pd, Kasi Kurikulum SMP, I.G.N Agung Sukrisna, S.Sn, Fasilitator Daerah, Pengawas SMP, Ketua MKKS SMP Kabupaten, Kepala Sekolah Rujukan, dan Staf PSMP Disdikpora Kabupaten Buleleng serta dihadiri oleh seluruh Kepala Sekolah Model dan Imbas SMP Se-Kabupaten Buleleng yang berjumlah 36 sekolah.

Dalam arahannya, Sekdisdikpora Kabupaten Buleleng mewakili Kadisdikpora Kabupaten Buleleng menegaskan bahwa peningkatan dan penjaminan mutu pendidikan merupakan tanggung jawab setiap komponen di satuan pendidikan, sesuai UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan PP Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Sehingga arah kebijakan Kemendibud saat ini, bukan lagi hanya masalah aksesabilitas tetapi lebih kepada mutu dan karakter. Pembangunan karakter yang bermuara pada mutu pendidikan sangat digenjot. Hal ini sangat bisa kita maklumi, mengingat Indonesia melalui pendidikanya sedang menyiapkan "Generasi Emas" di Tahun 2045. Oleh karena program-program yang berkaitan dengan peningkatan dan penjaminan mutu sangat mutlak untuk dilakukan. Sebagaimana Bimtek Penguatan SPMI ini, sangat baik untuk dilaksanakan.

Di sisi lain, Kabid PSMP menyatakan Bimtek kali ini merupakan "Penguatan" dari program SPMI yang telah dilaksanakan oleh LPMP Bali, dimana bimtek ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman komponen sekolah dalam penjaminan mutu di satuan pendidikannya sekaligus memperkuat tim penjaminan mutu yang telah terbentuk di sekolah model maupun di sekolah imbas di Kabupaten Buleleng. Sehingga mutu pendidikan yang terdapat dalam 8 Standar Nasional Pendidikan di satuan pendidikan di Kabupaten Buleleng dapat terus meningkat, imbuhnya.

Sedianya, Bimbingan Teknis Penguatan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) SMP Kabupaten Buleleng akan menyasar Ketua dan Sekretaris Tim Penjaminan Mutu di Satuan Pendidikan Sekolah Model dan Imbas. Bimtek kali ini akan dilaksanakan di Banyualit Spa 'n Resort Lovina, dari tanggal 02 s.d 06 Oktober 2017.