(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

PESERTA KEAKSARAAN DASAR ANTUSIAS IKUTI TES EVALUASI AKHIR

Admin disdikpora | 02 Oktober 2018 | 379 kali

PESERTA KEAKSARAAN DASAR ANTUSIAS IKUTI TES EVALUASI AKHIR

Singaraja, 1 Oktober 2018| DISDIKTODAY

Sebagai rangkaian akhir dari pelaksanaan Program Keaksaraan Dasar tahun 2018 yang menyasar 500 orang peserta se-Kabupaten Buleleng maka secara serentak peserta mengikuti test evaluasi akhir yang diadakan oleh Disdikpora Kabupaten Buleleng pada hari Minggu, 30 September 2018. Kegiatan tersebut bertempat di Balai Dusun dan gedung SD terdekat di wilayah masing-masing.

Kepala Bidang Pembinaan PAUD-PNF Disdikpora Kabupaten Buleleng, Dra. Ni Nengah Pujiani, M.AP usai memantau jalannya evaluasi di Dusun Poh Bergong melaporkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mengukur daya serap warga belajar terhadap materi yang diberikan selama 6 bulan oleh tutor dan hasilnya akan digunakan sebagai dasar layak atau tidaknya mereka mendapatkan Surat Keterangan Melek Aksara Tingkat Dasar (Sukma I).

Disampaikan pula bahwa selain proses akademik mereka juga telah diberikan pendidikan keterampilan yang tentunya disesuaikan dengan potensi daerah dan pangsa pasar saat ini. Seperti misalnya pengolahan ubi jalar, singkong, talas menjadi aneka jajanan yang layak utk disuguhkan saat ada upacara-upacara keagamaan maupun acara pesta lainnya.

Ketika warga belajar sudah melek aksara dan juga memiliki keterampilan, nantinya diharapkan mampu berinteraksi menggunakan media kekinian seperti handphone dan juga dengan berbekal keterampilan tersebut mereka akan mampu meningkatkan produktifitasnya.

Di akhir laporannya disampaikan bahwa Kegiatan evaluasi akhir kali ini telah berlangsung lancar dan sukses dengan tingkat kehadiran peserta 100%. Hal ini tidak terlepas dari komunikasi dan koordinasi yang baik antara pihak Disdikpora, Penyelenggara beserta warga belajarnya, Kepala Desa dan aparatnya.