(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

POSKO-DO DISARANKAN IKUT SINOVIK

Admin disdikpora | 12 November 2018 | 401 kali

POSKO-DO DISARANKAN IKUT SINOVIK

Lovina, Senin 12 Nopember 2018 | DISDIK TODAY
Posko Drop Out (Posko-DO) salah satu program inovasi Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng dalam upaya menekan angka putus sekolah di Kabupaten Buleleng disarankan untuk mengikuti seleksi Sistem Inovasi Pelayanan Publik (SINOVIK) yang diselenggarakan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan – RB). Hal tersebut disampaikan Kepala Bidang Penyiapan Perumusan Kebijakan Pelayanan Publik, Kemenpan - RB, Sri Hartini saat menjadi narasumber dalam Sosialisasi SINOVIK Pemerintah Kabupaten Buleleng Tahun 2018 di Aneka Lovina, Senin 12 Nopember 2018.

Setelah menyimak Kinerja POSKO-DO yang dipaparkan Kasubag Perencanaan Disdikpora Kabupaten Buleleng, Ida Bagus Gde Surya Bharata, pihaknya menilai inovasi POSKO-DO ini layak diikutkan dalam SINOVIK yang akan datang. Ini sebagai salah satu bentuk inovasi daerah dalam penyelenggaraan pelayanan publik. Sedikitnya ada 10 inovasi yang nantinya dapat diusulkan Pemkab Buleleng dalam penilaian nanti.

Lebih lanjut disampaikan, bahwa SINOVIK tidak semata-mata berupa temuan inovasi tetapi juga dapat berupa duplikasi atau pengembangan suatu inovasi yang merupakan solusi terhadap masalah publik yang dihadapi suatu daerah. Sedangkan tujuan SINOVIK diantaranya menjaring, mendokumentasikan, mendiseminasikan, dan mempromosikan inovasi sebagai upaya percepatan peningkatan kualitas pelayanan publik. Memberikan apresiasi dan penghargaan bagi penyelenggara pelayanan publik yang inovasinya ditetapkan sebagai Top Inovasi Pelayanan Publik. Memotivasi penyelenggara pelayanan publik untuk meningkatkan inovasi dan profesionalisme dalam pemberian pelayanan publik. Meningkatkan citra penyelenggara pelayanan publik. Menjadi sarana pertukaran pengalaman dan pembelajaran inovasi.