(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

PRAMUKA PEDULI BUAT BIOPORI DI LAPANGAN BHUWANA PATRA

Admin disdikpora | 16 Desember 2020 | 174 kali

PRAMUKA PEDULI BUAT BIOPORI DI LAPANGAN BHUWANA PATRA

Singaraja, Selasa 15 Desember 2020 | DISDIK TODAY
Pembuatan 150 Biopori serangkaian Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 92 Tahun 2020 yang diprogram Disdikpora Kabupaten Buleleng kembali berlangsung 14 - 15 Desember 2020. Kegiatan kepemudaan yang berkolaborasi dengan Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Buleleng ini menyelesaikan 150 biopori yang berlokasi di Kompleks GOR Bhuwana Patra Singaraja.

Sedikitnya 100 Pemuda yang tergabung dalam Pramuka Peduli secara bergilir melakukan penggalian lubang biopori di titik-titik yang sudah ditentukan dengan alat bor yang didesain khusus untuk itu. Selanjutnya pada tahapan finishing dilanjutkan dengan pemasangan pipa dan tutup biopori.

Kepala Bidang Pembinaan Pemuda dan Olahraga Diadikpora Kabupaten Buleleng, Ida Bagus Gde Surya Bharata, S.Pd.,MAP seijin Kadisdikpora Kabupaten Buleleng menyampaikan tujuan kegiatan ini disamping memperingati dan mengaplikasikan spirit kepemudaan dalam Hari Sumpah Pemuda tahun 2020, secara manfaat nantinya diharapkan memaksimalkan air yang meresap ke dalam tanah sehingga menambah air tanah. Terlebih saat ini memasuki musim penghujan.

Lebih lanjut Disdikpora Buleleng juga mengucapkan terima kasih kepada Kwarcab Gerakan Pramuka Buleleng melalui Pramuka Peduli, Forkosis Buleleng dan Forum Pemuda Pelopor Buleleng yang telah mensukseskan program pembuatan biopori ini. Semoga biopori ini dapat bermanfaat bagi ekosistem hayati yang ada di kompleks GOR Bhuwana Patra, Singaraja.