(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

RAKORDIKPORA 2019: “SINKRONISASI DATABASE MENUJU LAYANAN DIKPORA YANG BERKUALITAS”

Admin disdikpora | 19 November 2019 | 305 kali

RAKORDIKPORA 2019: “SINKRONISASI DATABASE MENUJU LAYANAN DIKPORA YANG BERKUALITAS”

Singaraja, Senin 18 Nopember 2019 |DISDIKTODAY

Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng hari ini menggelar Rapat koordinasi pendidikan, pemuda dan olahraga (Rakordikpora) Tahun 2019, bertempat di Gedung Mr. I Gusti Ketut Pudja, Eks. Pelabuhan Buleleng. Kegiatan ini dilaksanakan dari tanggal 18 sampai dengan 19 Nopember 2019, sedangkan untuk temanya sendiri adalah “Sinkronisasi Database Menuju Layanan Dikpora yang Berkualitas”.

 

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Assisten Administrasi Umum Setda Kabupaten Buleleng, Drs. Gede Suyasa, M.Pd dengan melakukan pemukulan gong.Selanjutnya dalam pembacaan sambutan Bupati Buleleng dapat disampaikan bahwa Singkronisasi Database sangat penting, dikarenakan tidak ada program kegiatan yang tidak didukung dengan analisa data yang akurat.Kedepan tidak ada yang kesulitan data, karena seluruh data sesungguhnya ada di suatu aplikasi sistem digital.Semoga dengan diadakannya kegiatan ini layanan khusunya mengenai data di Disdikpora Bueleng semakin berkualitas untuk kedepannya.

 

Selanjutnya, seperti yang disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng, Ir. Gde Darmaja, M.Si saat menyampaikan laporan mengungkapkan bahwa tema tersebut mengacu pada Permendikbud No. 79 Tahun 2015 tentang Data Pokok Pendidikan (Dapodik), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaa tentang pengelolaan data dan informasi pendidikan berbasis database system. Sedangkan untuk tujuan khususnya Merujuk pada Dapodik sebagai sumber data utama pendidikan nasional berbasis database system, dan ujung tombak dari pelaksanaan ini adalah para operator sistem. Di sinilah peran seorang administrator/operator dapodik di sekolah dalam menginput data dengan valid, serta menyamakan persepsi sehingga dapat dipertanggungjawabkan.

 

Jika dilihat dari Peserta rakordik ini meliputi lembaga-lembaga pendidikan anak usia dini (TK/PAUD), satuan pendidikan dasar negeri (SD, SMP), lembaga-lembaga mitra/stakeholder bidang pendidikan, organisasi pemuda dan olahraga, dan organisasi guru di satuan pendidikan serta semua bidang di lingkup Disdikpora.

 

Seusai acara pembukaan dilanjutkan dengan penyampaian materi/narasumber dari Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) mengenai sistem manajemen kepegawaian Pemkab Buleleng, dan Kepala Bappeda Litbang terkait penganggaran tahun 2021. Kesempatan selanjutnya akan diisi presentasi Authorized Partner Google yang bertugas mensosialisasikan, mengembangkan google for education di Indonesia.

 

Dalam kegiatan ini turut hadir Ketua DPRD Kabupaten Buleleng, Gede Supriatna, SH, Ketua KONI Kabupaten Buleleng,Dewan Pendidikan Kabupaten Buleleng,KNPI Buleleng serta Undangan Lainnya. Ditambahkan pula Kadisdikpora Buleleng mengungkapkan bahwa dengan adanya kegiatan ini diharapkan proses perencanaan, pelaksanaan, pelaporan dan evaluasi kinerja program-program pendidikan nasional dapat dilaksanakan dengan lebih terukur, tepat sasaran, efektif, efisien dan berkelanjutan.Selain itu, setiap usulan yang masuk dalam Rakordikpora nantinya akan ditampung dan dianalisis oleh masing-masing bidang yang menangani yang kemudian akan menjadi usulan prioritas dalam perencanaan Pendidikan-Pora untuk tahun 2021.