(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

RAPAT KOORDINASI USBN JENJANG SMP/MTs SE KABUPATEN BULELENG

Admin disdikpora | 21 Februari 2018 | 558 kali

RAPAT KOORDINASI USBN JENJANG SMP/MTs SE KABUPATEN BULELENG

Singaraja, DISDIK TODAY |
Setelah menggelar pertemuan dengan para kepala sekolah jenjang SD/MI dan penyelenggara Kesetaraan jenjang Paket A, B dan C, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng kembali mengadakan pertemuan dengan Kepala SMP/MTs Se Kabupaten Buleleng. Pertemuan yang bertajuk Rapat Koordinasi Persiapan Ujian Sekolah Berstandar Nasional USBN Jenjang SMP/MTs diselenggarakan pada Selasa, 20 September 2018 di Ranggon Sunset, Segara Penimbangan.

Rapat Koordinasi dipimpin Sekretaris Disdikpora Kabupaten Buleleng, I Made Ngadeg, S.Pd.,M.Pd. didampingi Kepala Bidang Pembinaan SMP, I Made Sedana, S.Pd.,M.Pd. Hadir pula dalam kesempatan tersebut Perwakilan Dewan Pendidikan Kabupaten Buleleng, Drs. I Ketut Sutha, Perwakilan dari Kantor Kementrian Agama Kabupaten Buleleng, Koordinator Pengawas SMP Kabupaten Buleleng dan Ketua MKPS Kabupaten Buleleng. Sementara dari peserta diikuti sebanyak 84 Kepala SMP/MTs Se Kabupaten Buleleng.

Dalam pertemuan tersebut dibahas tentang persiapan USBN jenjang SMP/MTs. Dimana sesuai dengan Prosedur Operasional Standar (POS) yang telah diterbitkan BSNP untuk jenjang SMP mata pelajaran yang di-USBN-kan adalah semua mata pelajaran. Namun sebanyak 7 Mapel akan mendapatkan soal dari pusat sebanyak 20%-25%, sedangkan mapel lainnya disusun MGMP masing-masing.

Sementara untuk jadwal USBN ditentukan oleh satuan pendidikan masing-masing dengan mempertimbangkan ketuntasan belajar peserta didik. Khusus USBN mata pelajaran Pendidikan Agama, serta Pendidikan Agama dan Budi Pekerti dilaksanakan pada tanggal 16 April 2018 dan 30 April 2018 untuk ujian susulan, sedangkan untuk mata pelajaran Umum dilaksanakan pada rentang waktu antara tanggal 9 April sampai dengan 12 Mei 2018 termasuk ujian susulan.