(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

RAPAT RAD KABUPATEN LAYAK ANAK

Admin disdikpora | 21 April 2017 | 547 kali

RAPAT RAD KABUPATEN LAYAK ANAK

Singaraja, DISDIK TODAY | Disdikpora Kabupaten Buleleng yang tergabung dalam Gugus Tugas Kabupaten Layak Anak mengikuti Rapat Identifikasi Data untuk Review Penyempurnaan Dokumen Rencana Aksi Daerah (RAD) Kabupaten Layak Anak Tahun 2015 – 2017. Pertemuan yang berlangsung di Ruang Rapat Bappeda Litbang Kabupaten Buleleng pada Kamis, 20 April 2017 dihadiri pemantau dari Tim KLA Provinsi Bali yang juga Kabid Pemenuhan Hak Anak (PHA) Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Bali, Ida Ayu Nyoman Candrawati, SH.,M.Par.

Dalam paparannya, Tim Provinsi sangat mengapresiasi semangat Pemerintah Kabupaten Buleleng dalam upaya menjadikan Buleleng sebagai Kabupaten Layak Anak. Hal ini nampak dari komitmen Pemkab Buleleng dalam kesungguhan kinerjanya memenuhi indikator KLA. Semakin banyak kabupaten kota yang berkomitmen untuk KLA maka semakin cepat pula Bali menjadi Provinsi Layak Anak. Selanjutnya dari data online yang telah diinput dan dinyatakan layak untuk diverifikasi, maka dalam waktu dekat ini akan turun tim independen dari pusat ke Kabupaten Buleleng untuk melakukan verifikasi terkait pemenuhan persyaratan yang telah ditetapkan.

Disamping itu, disampaikan pula Rencana Aksi Daerah (RAD) KLA yang perlu disempurnaan yang meliputi Penguatan Kelembagaan dan Hak Anak yang terbagi atas 5 Cluster, yaitu Hak Sipil dan Kebebasan, Hak Lingkungan Keluarga dan Pengasuhan Alternatif, Hak Kesehatan Dasar dan Kesejahteraan, Hak atas Pendidikan, Pemanfaatan Waktu Luang dan Kegiatan Seni Budaya, serta Hak Perlindungan Khusus.

Rapat yang dipimpin Sekretaris Bappeda Litbang, Ir. Putu Gede Yasa, MT. diikuti perwakilan OPD terkait lingkup Pemkab Buleleng, unsur Kepolisian, Kejaksaan Negeri, LSM dan Forum Anak Daerah. Sedangkan Disdikpora Buleleng, diwakili Kasubag Perencanaan, Ida Bagus Gde Surya Bharata, S.Pd.,M.AP.