(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

RAPAT TIM MANAJEMEN DAPODIK DAN PUBLIKASI DISDIKPORA BULELENG

Admin disdikpora | 31 Agustus 2018 | 363 kali

RAPAT TIM MANAJEMEN DAPODIK DAN PUBLIKASI DISDIKPORA BULELENG

Singaraja, 30 Agustus 2018 | DISDIK TODAY
Keberhasilan Disdikpora Kabupaten Buleleng sebagai Peringkat I Pengelola Terbaik Subdomain Website Pemerintah Kabupaten Buleleng Tahun 2018 tidak terlepas dari kinerja tim yang secara aktif menginformasikan kegiatan melalui website https://disdikpora.bulelengkab.go.id. Publikasi yang disampaikan kepada publik tentunya sudah dikelola dengan baik melalui Tim Manajemen Dapodik dan Publikasi yang dibentuk Disdikpora Kabupaten Buleleng. Pentingnya publikasi kegiatan institusi merupakan upaya dalam Pemenuhan Hak atas Keterbukaan Informasi Publik dan salah satu bentuk pertanggungjawaban kinerja kepada public serta upaya membangun kepercayaan dan partisipasi publik dalam pembangunan khususnya Dikpora.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng, Drs. Gede Suyasa, M.Pd. saat memimpin Rapat Tim Manajemen Dapodik dan Publikasi Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng, Kamis 30 Agustus 2018, di Kantor Bupati Buleleng. Dalam pertemuan yang dihadiri pejabat Lingkup Disdikpora Kabupaten Buleleng dan Ketua MKKS Kabupaten dan Kecamatan se Kabupaten Buleleng, Kadisdikpora juga menyampaikan pentingnya Peningkatan Kinerja Publikasi melalui Optimalisasi Sosial Media. Mengingat perkembangan kemajuan teknologi informasi dengan pemanfaatan media internet tidak terbendung lagi. Maka dari itu keterbukaan informasi suatu lembaga melalui media sosial menunjukkan keterbukaan pelaksanaan kegiatan kepada masyarakat.

Lebih lanjut Kadisdikpora memaparkan bahwa sampai saat ini Disdikpora Kabupaten Buleleng telah memanfaatkan beberapa media sosial sebagai media publikasi kinerja dinas, seperti : website, facebook, fanpage dan instagram. Disamping itu, Disdikpora Kabupaten Buleleng juga memanfaatkan media cetak dan elektronik lainnya sebagai sarana informasi publik guna mempercepat sebaran informasi kegiatan yang dikelola Disdikpora Kabupaten Buleleng. Namun yang menjadi catatan, adalah informasi yang disebarkan di medsos disamping untuk memenuhi target kuantitas, juga harus memperhatikan kualitas konten. Sehingga publik benar-benar memperoleh informasi tentang fungsi dan manfaat yang dapat diperoleh dari keberadaan lembaga itu sendiri.

Rapat Tim Manajemen Dapodik dan Publikasi Disdikpora Kabupaten Bulelen, juga diisi paparan tentang Informasi Dapodik oleh Operator Dapodik Disdikpora Kabupaten Buleleng, Dewa Sudiatmika, Peran dan Fungsi PPID Buleleng, oleh Kabid Pengelolaan Komunikasi Publik Diskominfosandi Kabupaten Buleleng, Cok Adithya Wiraputra, Peran Medsos dalam Partisipasi Publik oleh Kasubag Pemberitaan Humas dan Protokol Setda Kabupaten Buleleng, Nyoman Agus Tri Kartika Yuda dan Tips Publikasi Instansi Via Medsos oleh Komunitas Jurnalistik Buleleng, Made Adnyana Ole.