(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

RATUSAN PESERTA IKUTI LOMBA OLAHRAGA TRADISIONAL HUT KOTA SINGARAJA KE-415

Admin disdikpora | 25 Maret 2019 | 401 kali

RATUSAN PESERTA IKUTI LOMBA OLAHRAGA TRADISIONAL HUT KOTA SINGARAJA KE-415

Singaraja, Jumat 22 Maret 2019 | DISDIKTODAY

Lomba Olahraga Tradisional dibuka langsung Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana, ST didampingi Wakil Bupati, dr. I Nyoman Sutjidra, Sp.OG dan Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Ir. Dewa Ketut Puspaka, MP. Kegiatan tahunan guna menyambut dan memeriahkan HUT Kota Singaraja Ke-415 dilaksanakan di seputaran Pantai Binaria Lovina, Jumat (22/3/19).

Kegiatan diawali dengan Apel Krida dilanjutkan dengan Laporan Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng, Ir. Gde Darmaja, M.Si. yang menjadi leading sector kegiatan. Dalam laporannya disampaikan bahwa tujuan diadakannya lomba ini tiada lain adalah sebagai wujud apresiasi keberhasilan pembangunan di Buleleng sekaligus sebagai media menjalin kebersamaan dan meningkatkan derajat kesehatan pegawai lingkup Pemkab Buleleng, dan tentu juga sebagai bentuk pelestarian permainan tradisional.
Untuk peserta lomba tradisional tahun ini diikuti oleh 54 regu , terdiri dari 32 regu dari SKPD Buleleng, 9 Kecamatan se-Kabupaten Buleleng, 9 Bagian dari Setda Buleleng dan 4 regu dari BUMD.

Sedangkan untuk lomba ada empat jenis masing-masing untuk Putra: Lomba Tarik Tambang dan Tajog, sedangkan untuk Putri, Lomba Gebug Nantal dan Terompah Panjang

Sementara itu, Bupati Buleleng dalam arahan dan sambutannya turut mengapresiasi kegiatan olahraga tradisional yang secara berkelanjutan dapat terlaksana. Kegiatan seperti ini tentu akan menumbuhkan rasa kekeluargaan antar pegawai di lingkup Pemkab Buleleng.

Selain itu, keberadaan lomba tradisional menyongsong HUT Kota Singaraja juga sebagai salah satu upaya melestarikan permainan tradisional di Kabupaten Buleleng.

Selanjutnya, selain dari kegiatan lomba Bupati Buleleng juga terus menekankan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan,harapannya supaya tumbuh kesadaran masyarakat terhadap sampah. Instansi instansi terkait dan masyarakat umum bersinergi dalam penanganan sampah di Buleleng bisa cepat teratasi. Dalam kegiatan ini turut hadir Ketua TP PKK Buleleng, I Gusti Ayu Aries Sujati, Kepala SKPD Lingkup Pemkab Buleleng dan Camat Se-Kabupaten Buleleng.

Adapun hasil Lomba Olahraga Tradisional HUT Kota Singaraja ke 415 Tahun 2019 sebagai berikut:
A. Lomba Tarik Tambang
* Juara I : Satpol PP Kab. Buleleng
*Juara II : RSUD Kab. Buleleng
*Juara III: DLH Kab. Buleleng

2. Lomba Tajog
*Juara I : RSUD Kab. Buleleng
* Juara II: Diskan Kab. Buleleng
* Juara III: BLP Setda Kab. Buleleng

3. Lomba Terompah Panjang
*Juara I : SatPol PP
*Juara II: PDAM Buleleng
*Juara III: Dinas PMPPTSP Kab. Buleleng

4. Lomba Gebug Bantal
* Juara I: Dinas PMPPTSP Kab. Buleleng
* Juara II: Dinas LH Kab. Buleleng
* Juara III: DPAD Kab. Buleleng

Sebagai bentuk apresiasi masing-masing Juara berhak atas hadiah berupa trophy, piagam penghargaan dan uang pembinaan.