(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

SALAH SATU RUANG SDN 3 PEMUTERAN KEBAKARAN

Admin disdikpora | 19 Juli 2017 | 362 kali

SALAH SATU RUANG SDN 3 PEMUTERAN KEBAKARAN

Gerokgak, DISDIK TODAY | Sesuai informasi kebakaran SDN 3 Pemuteran, Kecamatan Gerokgak yang diterima Kepala Disdikpora Kabupaten Buleleng, Drs. Gede Suyasa, M.Pd. langsung memerintahkan Kepala Bidang Pembinaan SD, Made Astika, S.Pd.,MM. bersama Kepala UPP Kecamatan Gerokgak, Putu Suardika untuk mengadakan pengecekan ke lapangan. Evakuasi kebakaran salah satu ruang kelas yang dijadikan ruang guru terbakar mengalami peristiwa kebakaran pada Senin, 17 Juli 2017.

Munculnya api diperkirakan akibat arus pendek. Sementara kondisi akhir ruangan dapat diinventarisir : 1. plapon terbakar sebagian. 2. Administrasi guru hangus terbakar. 3. Meja guru terbakar. 4. Timbangan. 5. Megaphone. 6. Kursi guru. 7. Kusen ventilasi sebelah utara terbakar. 8 Kaca kusen sebelah selatan sebagian pecah diketok warga untuk penanggulangan darurat.

Sebagaimana laporan yang disampaikan Kepala SDN 3 Pemuteran, I Wayan Sulistra bahwa sekitar jam 13.30 ada seorang warga bernama I Wayan Sumiada Wijaya yang tinggal di belakang sekolah melihat ada kepulan asap dan kobaran api dari dalam ruang sekolah. Selanjutnya yang bersangkutan melaporkan kepada Kepala SDN 3 Pemuteran, dan setelah dicek ternyata benar ada kebakaran di ruang kelas yang dijadikan ruang guru dan di sana ada dapur sekolah. Diperkirakan kebakaran terjadi akibat arus pendek stop kontak yang berdekatan dengan rak buku dan arsip-arsip. Diperkirakan kerugian materil mencapai sebesar Rp. 150.000.000,- dan tidak ada korban jiwa.

Menanggapi laporan tersebut, Kadisdikpora Kabupaten Buleleng akan berkoordinasi dengan instansi terkait dalam khususnya pihak Kepolisian untuk mengetahui hasil tindaklanjut pemeriksaan. Sedangkan, proses belajar mengajar dipastikan dapat berjalan seperti biasanya.