(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

SAPU BERSIH JUARA PROVINSI, TIM OSN MATEMATIKA SMP BULELENG WAKILI BALI KE NASIONAL

Admin disdikpora | 02 Mei 2018 | 934 kali

SAPU BERSIH JUARA PROVINSI, TIM OSN MATEMATIKA SMP BULELENG WAKILI BALI KE NASIONAL

Singaraja, DISDIK TODAY|
Harapan Kepala Disdikpora Buleleng, Drs. Gede Suyasa, M.Pd. agar Tim OSN Buleleng bisa lebih banyak lolos ke Tingkat Nasional akhirnya terpenuhi. Sebanyak 9 peserta OSN SMP wakil Kabupaten Buleleng yang berlaga di tingkat Provinsi berhasil menunjukkan prestasinya. Tiga peserta dari Mata Pelajaran Matematika semuanya lolos ke OSN Tingkat Nasional, antara lain: I Putu Wisnu Jaya Wardana dari SMPN 4 Singaraja, Ni Putu Dhara Deswita Prabha dari SMPN 1 Singaraja yang lolos pada kategori Passing Grade, sementara Komang Juliantara dari SMPN 4 Tejakula lolos pada kategori Perwakilan Provinsi.

Bukan itu saja, pada mata pelajaran IPA, Ketut Bisnu Suarnayuga dari SMPN 1 Singaraja juga berhasil menunjukkan prestasinya di kategori Passing Grade. Sebagaimana ketentuan OSN
Penentuan Juara OSN SMP menggunakan 2 kategori, yaitu Passing Grade artinya Peserta yang lolos adalah yang bisa melampaui standar nilai yang telah ditetapkan, dan kategori Perwakilan Provinsi adalah Peserta yang nilainya terbaik di Provinsi.

Hal ini sebagaimana yang tertuang dalam SK Direktur Pembinaan SMP, Dirjen Dikdasmen,Kemendikbud, Nomor 1677/D3/KP/2018. Tentang Penetapan Peserta OSN SMP Tingkat Nasional Tahun 2018. Informasi yang disebar melalui WA Grup OSN Provonsi Bali diterima Kasi Peserta Didik SMP Disdikpora Buleleng, Putu Prima Suta, S.Sn. Dalam keputusan tersebu juga memutuskan 19 peserta mewakili Provinsi Bali untuk berlaga di OSN Tingkat Nasional pada Juli mendatang.

Dilihat dari ke-19 Peserta tersebut, Buleleng menduduki peringkat kedua bersama Badung berhasil meloloskan 4 wakilnya, pada posisi teratas yaitu Kota Denpasar dengan 5 peserta, sedangkan di peringkat ketiga yaitu Gianyar dengan 3 peserta. Kemudian disusul Tabanan, Karangasem, Jembrana dan Klungkung yang masing-masing meloloskan 1 Peserta.

Sebelum berlaga ke tingkat nasional, kontingen OSN Bali akan mengikuti Training Center dari tanggal 8 - 14 Mei 2018, di Hotel Sentral Singaraja, yang akan dibina oleh Dosen Undiksha Singaraja.

Kepala Disdikpora Kabupaten Buleleng setelah menerima informasi tersebut mengungkapkan rasa syukur dan bangganya atas keberhasilan 4 siswa Buleleng yang berhasil di tingkat provinsi dan nantinya sebagai Duta Bali diajang OSN tingkat Nasional. Ini juga merupakan "Kado Spesial" bagi pendidikan di Buleleng menjelang Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2018