(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

SATUAN PENDIDIKAN DI KABUPATEN BULELENG LAKSANAKAN MPLS SECARA DARING DAN LURING

Admin disdikpora | 18 Juli 2020 | 349 kali

Singaraja, Sabtu 18 Juli 2020 l DISDIKTODAY

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah, juga dikenal sebagai Masa Orientasi Siswa atau Masa Orientasi Peserta Didik Baru, merupakan sebuah kegiatan yang umum dilaksanakan di sekolah setiap awal tahun ajaran guna menyambut kedatangan para peserta didik baru.

Namun dimasa pandemi covid-19 kegiatan MPLS yang semestinya melibatkan siswa langsung, kini harus dilaksanakan dengan cara daring (online ) dan luring.Seperti yang disampaikan Plt. Kadisdikpora Buleleng, Made Astika, S.Pd, M.M bahwa tahun pelajaran 2020/2021 tetap dilaksanakan sesuai dengan kalender pendidikan yakni pada tanggal 13 Juli 2020.

Selain itu, sehubungan dengan surat edaran Gubernur Bali nomor 3355 tahun 2020 tertanggal 5 Juli 2020 tentang protokol tatanan kehidupan baru, belum mengatur sektor Pendidikan, maka ditegaskan bahwa pelaksanaan proses belajar mengajar (PBM) belum dapat dilaksanakan tatap muka secara langsung di satuan pendidikan.

 

Ditambahkan pula PBM dapat dilaksanakan melalui dalam jaringan, luar jaringan atau perpaduan sesuai dengan kondisi wilayah dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan pencegahan penyebaran covid-19.Sedangkan untuk di sekolah harus menyiapkan daftar periksa sebagaimana amanat Permendikbud RI No.20 tahun 2020 seperti: tempat cuci tangan, hand zanitaiser, cadangan masker, termasuk alat pengukur suhu (thermogun) dan lain-lain.

 

Terkait hal tersebut, dari pantauan dilapangan selama kurang lebih seminggu ini, kegiatan MPLS di SMP N 4 Sukasada, siswa-siswi secara seksama mengikuti kegiatan secara daring yang dipandu oleh para guru.Selain itu, di SMP N 2 Singaraja panitia telah membuat video profile kondisi sekolah, materi tentang pendidikan karakter dan bahaya penyalahgunaan Narkoba dikirim langsung melalui Whatsapp group dan hal yang sama juga dilakukan SMP N 1 Singaraja, sedangkan untuk di SMP N 3 Busungbiu ketika dihubungi via telepon kegiatan MPLS dilaksanakan melalui PJJ serta di SMP N 1 Tejakula kegiatan dilaksanakan secara daring.

Selanjutnya, "Mari kita patuhi protokol tatanan kehidupan baru demi Keselamatan dan kesehatan peserta didik maupun masyarakat umumyang memang menjadi prioritas utama dan tentu bersama-sama berperan aktif dalam mencegah perluasan penyebaran Covid -19,"imbuh Plt. Kadisdikpora Buleleng.