(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

SD N 3 BANJAR JAWA IKUTI LOMBA SEKOLAH SEHAT TINGKAT NASIONAL TAHUN 2019

Admin disdikpora | 08 Agustus 2019 | 537 kali

SD N 3 BANJAR JAWA IKUTI LOMBA SEKOLAH SEHAT TINGKAT NASIONAL TAHUN 2019

Singaraja, Kamis, 8 Agustus 2019|DISDIKTODAY

Pagi tadi suasana terlihat beda, ketika memasuki area SD N 3 Banjar Jawa.Telihat jelas tampak siswa siswi sedang berjejer menunggu sekaligus menyambut kedatangan tim penilai Lomba Sekolah Sehat (LSS) tingkat Nasional.Dalam kegiatan ini tampak hadir Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng, Ir. Gde Darmaja, M.Si .Saat ditemui susai acara pembukaan Kadisdikpora Buleleng menyampaikan bahwa lomba ini sangat strategiS karena akan membentuk lingkungan sekolah yang sehat dan perilaku hidup sehat disekolah .Selain itu perkembangan sekolah sehat di Buleleng Sangat mengembirakan terbukti adanya UKS disekolah dan ada lima ratus UKS dirumah anak-anak juga ikut dikembangkan.Nah, Ini membuktikan bahwa nilai-nilai yang ada disekolah akhirnya diterapkan dirumah masing-masing oleh anak-anak kita.”imbuh Kadisdikpora Buleleng.Sedangkan untuk hasil dari Lomba ini tentu saya selaku Kepala Dinas berharap hasil yang terbaik, yang terpenting berusaha semaksimal mungkin maka akan ada hasil sesuai dengan apa yang kita harapkan.

Disisi lain Bupati Buleleng yang pada kesempatan ini diwakili oleh Assiten Administrasi Umum Setda Kabupaten Buleleng, Drs. Gede Suyasa, M.Pd mengungkapkan bahwa setiap tahun Pemerintah Daerah selalu membantu dan memantau dari sisi proses dan kualitas proses pembelajaran dan pendidikan serta infrastruktuk Sekolah yang diperlukan.Komitmen Bupati Buleleng dalam hal ini sudah terbukti dengan adanya infrastruktur sekolah yang baik sehingga bisa mengikuti LSS tingkat Nasional.
Selanjutnya, dari Kasie Kesehatan Usia Sekolah dan Remaja di dalam Sekolah, Direktorat Kesehatan Keluarga diketuai dr. Irwan Panca dr. Irwan Panca Wariaseno, MKM menjelaskan bahwa tujuan kegiatan ini adalah melakukan verifikasi khususnya bagi sekolah yang menang di tingkat Provinsi.Selain itu didalam Lomba ini ada empat sektor unsur yang bekerja diantaranya, Pendidikan, kesehatan , Kanwil agama dan juga pemerintah daerah yang bersama-sama memperhatikan kesehatan siswa.Kali ini tim penilai datang sebanyak 5 orang perwakilan dari 3 kementerian, sedangkan kriteria penilaian terdiri dari lingkungan sehat, upaya menuju sekolah sehat dan perilaku siswa kearah lebih sehat yang berlandaskan tri UKS.Dari informasi yang disampaikan untuk hasil penilaian ini akan dibawa kepusat dan diolah. Selanjunya apabila sekolah itu masuk dalam kriteria tersebut maka akan ada tim lagi yang akan melakukan verifikasi ulang, sehingga sesuai dengan apa yang kita gariskan.