(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

SD N 3 BANJAR JAWA MENJADI TEMPAT UJI PETIK K3S KECAMATAN BALIKPAPAN KOTA DAN BALIKPAPAN SELATAN

Admin disdikpora | 09 Maret 2020 | 376 kali

SD N 3 BANJAR JAWA MENJADI TEMPAT UJI PETIK K3S KECAMATAN BALIKPAPAN KOTA DAN BALIKPAPAN SELATAN

Singaraja, Jumat 6 Maret 2020|DISDIKTODAY

SD Negeri 3 Banjar Jawa hari ini, (6/3/20) kedatangan rombongan dari Kelompok Kerja Kepala Sekolah kecamatan Balikpapan Kota dan Balikpapan Selatan, Provinsi Kalimantan Timur. Ketua rombongan, I Ketut Katon yang sekaligus Kepala seksi manajemen dan data bidang PSD, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Balikpapan diterima langsung oleh Sekretaris Disdikpora Kabupaten Buleleng, Made Astika, S.Pd, MM.

Lebih jelasnya lagi, tujuan dari kegiatan ini adalah kegiatan uji petik tahunan bagi para kepala sekolah untuk menimba pengetahuan dan menambah wawasan.Selain itu untuk memotivasi agar pengelolan sekolah bisa berprestasi lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Pemerintah Kota Balikpapan sangat antusias untuk mendukung kegiatan ini terutamanya bagi kepala sekolah di enam kecamatan.Yang menjadi dasar maupun acuan kami berkunjung kesini karena SD N 3 Banjar Jawa pada tahun 2019 memperoleh juara 1 Lomba Sekolah Sehat dan berkarakter ditingkat Nasional.

Selain itu yang akan kita gali adalah inovasi-inovasi dari program UKS Tri Baja Sakti, salah satunya kami tertarik dengan adanya 500 UKS.Seperti yang dipaparkan bapak Kepala Sekolah, anak-anak diberdayakan mengkondisikan tempat tinggalnya masing-masing atau ruangan khusus yang mencerminkan adanya UKS seperti yang ada di Sekolah.Tentu hal inilah yang menjadikan sebuah keunikan tersendiri sehingga kami tidak salah datang ke SD N 3 Banjar Jawa.

Senada dengan hal tersebut mewakili Bupati Buleleng dan seijin Kadisdikpora Buleleng, Made Astika, S.Pd, dalam pembacaan sambutan menyampaikan rasa terima kasih kepada pemerintah Kota Balikpapan Khususnya K3S Kecamatan Balikpapan Kota dan Balikpapan Selatan karena sekolah kami menjadi tujuan bagaimana langkah-langkah dalam pengelolaan UKS/M.

Seperti yang sudah kita ketahui bersama SD N 3 Banjar Jawa di tahun 2019 berhasil meraih juara satu lomba sekolah sehat berkarakter tingkat Nasional dari kategori kinerja terbaik (Best Performance). ”Melalui pencapaian prestasi inilah mungkin Kemendikbud merekomendasikan agar Pemerintah Kota Balikpapan bisa melihat langsung dan berkunjung ke Kabupaten Buleleng tepatnya di SD N 3 Banjar Jawa. Selanjutnya yang menjadi tujuan utama rombongan berkunjung kesini adalah guna mempersiapkan diri untuk berlaga di tingkat Nasional pada tahun 2020. Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan ini bisa mewujudkan atau memajukan kesehatan dan pendidikan kita bersama.”Ungkap Sekdisdikpora Buleleng.

Disisi lain Kepala SD N 3 Banjar Jawa,Ida Bagus Soma Putra, S.Pd, M.Pd. mengungkapkan bahwa, kami dari pihak sekolah juga menyambut baik kunjungan ini dan point terpenting adalah tentu kami akan menyampaikan ataupun memberikan informasi bagaimana cara membangun sekolah sehat, baik tentang trik kami laksanakan, apa inovasinya agar dijadikan pembanding atau gambaran kedepannya.Semoga apa yang kami sampaikan bisa memberikan manfaat yang positif bagi rekan-rekan K3S di dua kecamatan ini.Selanjutnya kegiatan ini diisi dengan penyerahan kenang-kenangan antara Pemkab Buleleng dan Pemerintah Kota Balikpapan.