(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

SDN 3 BANJAR JAWA IKUTI LOMBA BUDAYA MUTU SEKOLAH DASAR

Admin disdikpora | 06 Oktober 2017 | 481 kali

SDN 3 BANJAR JAWA IKUTI LOMBA BUDAYA MUTU SEKOLAH DASAR

Singaraja, DISDIK TODAY| Guna mewujudkan sekolah dasar yang memiliki budaya mutu dalam memberikan layanan prima dan menjadi benchmark (patok duga) bagi sekolah lain di sekitarnya serta jadi acuan bagi pembinaan para pemangku kepentingan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Ditjen Dikdasmen, Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar melaksanakan penilaian budaya peningkatan mutu sekolah dasar.

Kegiatan penilaian yang menyasar SDN 3 Banjar Jawa pada Kamis, 5 Oktober 2017 dilaksanakan oleh Tim Pusat yang terdiri dari Ine Rahmawati, S.Pd., M,Si. dan Dessy Anggarini, SE. didampingi Kasi Kurikulum SD, Disdikpora Kabupaten Buleleng bersama Kepala SDN 3 Banjar Jawa.

Dalam visitasi tersebut dilakukan penilaian semua komponen sekolah mulai dari tenaga pendidik, siswa, media pembelajaran, UKS, perpustakaan, kantin sehat dengan semua administrasinya termasuk pemanfaatan sampah. Sementara selain tujuan tersebut di atas, secara khusus penilaian ini juga sebagai upaya menemukan sekolah dasar yang memiliki buaya mutu dengan segala kekhasan dan keunggulannya masing-masing sebagai model yang baik (good practices) bagi sekolah lain, sehingga terhimpun berbagai pengalaman inspiratif dari sekolah dasar yang memiliki budaya dan lingkungan yang bermutu.

Disamping itu melalui kegiatan ini merupakan media mendokumentasikan dan menyosialisasikan pengalaman inspiratif pengembangan budaya mutu pembelajaran, praktik baik pendidikan karakter di sekolah, kegiatan ekstrakurikuler, dan manajemen berbasis sekolah kepada sekolah dasar di seluruh Indonesia. Serta memotivasi para pemangku kepentingan, baik di satuan pendidikan sekolah dasar maupun Pemerintah Daerah, untuk mewujudkan sekolah dasar yang memiliki budaya mutu dalam memberikan layanan prima kepada peserta didik. Selanjutnya, Grand Final lomba sekolah dasar yang memiliki budaya mutu akan dilaksanakan di Yogyakarta pada awal Novemver 2017.