(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

Sekolah Tatap Muka Juga Dapat Subsidi Pulsa

Admin disdikpora | 31 Agustus 2020 | 132 kali

Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memastikan seluruh sekolah mendapat subsidi kuota internet. Meski, sejumlah sekolah di zona hijau telah menguji coba pembelajaran tatap muka.
 
"Tetap dapat kuota karena metodenya masih blended learning (pembelajaran campuran dengan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ))," kata Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah (Dirjen PAUD-Dikdasmen) Kemendikbud, Jumeri, saat dihubungi Media Indonesia, Minggu, 30 Agustus 2020.
 
Jumeri menuturkan pihaknya menyiapkan segala kemungkinan. Apalagi, PJJ tidak menjadi pilihan utama setiap sekolah meski telah ada pemberian subsidi kuota internet gratis.

"Karena status zona bisa berubah drastis dari hijau bisa ke merah," tutur dia.
 
Sebelumnya, Kemendikbud akan membagikan subsidi kuota internet bagi siswa dan guru selama empat bulan, yakni September hingga Desember 2020. Jumlah kuota yang akan disubsidi bagi para siswa sebesar 35 gigabita (GB) dan guru 42 GB setiap bulan.
 
Kuota internet akan dibagikan langsung ke nomor telepon genggam peserta yang telah dimiliki pihak sekolah dan didaftarkan ke data pokok pendidikan (Dapodik). Pengumpulan data hingga September 2020.

Peserta yang belum memiliki gawai atau nomor telepon genggam belum terdaftar di Dapodik bisa mengisi pada tahap berikutnya. “Jangan khawatir, tidak akan ada yang tertinggal. Nanti kalau ada tambahan nomor baru itu boleh dimasukkan untuk diberi pulsa di bulan berikutnya," tutur Jumeri.
 
Kemendikbud telah menggandeng sejumlah penyedia layanan internet seperti Telkomsel, Indosat, XL, dan lainnya. Kemendikbud juga telah meminta para provider memberikan harga khusus bagi program subsidi ini.
 
Subsidi diharapkan dapat membantu para siswa melaksanakan kegiatan belajar mengajar selama pandemi covid-19 (korona) dan meningkatkan kualitas PJJ. Sebab, PJJ belum optimal karena banyak siswa kesulitan membeli pulsa.
 
Sumber: https://www.medcom.id/pendidikan/news-pendidikan/ybDldBPb-sekolah-tatap-muka-juga-dapat-subsidi-pulsa?p=all