(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

SEMINAR SEHARI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER

Admin disdikpora | 14 Agustus 2017 | 367 kali

SEMINAR SEHARI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER

Denpasar, DISDIK TODAY | Kegiatan Seminar Sehari Penguatan Pendidikan Karakter dilaksanakan di LPMP Bali pada Kamis 10 Agustus 2016. Kegiatan ini dihadiri Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah, Anggota Komisi X DPR-RI, Dr. I Wayan Koster, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Bali, TIA Kusuma Wardhani, SH,MM dan Direktur SMA Kemdikbud. Sementara Disdikpora Kabupaten Buleleng dihadiri oleh Kasi Kurikulum SD, Made Sudarmika, S.Pd.,MM.

Dalam paparannya Dirjen Dikdasmen menekankan bahwa ada 4 Program Presiden dalam Bidang Pendidikan, yaitu 1) tentang Program Indonesia Pintar; 2) Revitalisasi SMK; 3) Perubahan tentang Ujian; dan 4) tentang Penguatan Pendidikan Karakter. Selanjutnya dijelaskan pula bahwa dalam Penguatan Pendidikan Karakter ada 5 Karakter yang diharapkan terwujud, yaitu: 1) Religius; 2) Nasionalis; 3) Integritas; 4) Gotong royong; dan 5; Mandiri. Pada intinya dinyatakan bahwa pondasi pendidikan di SD dan SMP adalah pendidikan karakter itu sendiri, yakni dengan rasio 70 persen di SD dan 60 persen di SMP. Lebih lanjut diharapkan sekolah mampu mengoptimalkan peran komite di masing masing sekolah, karena pendidikan karakter tidak lepas dari peran sekolah, keluarga dan masyarakat.

Sementara itu, Anggota DPR-RI Komisi X Dr. I Wayan Koster, MM. menekankan bahwa pendidikan karakter bukan hanya diajarkan tapi juga dibiasakan serta ditanamkan pada anak untuk dilakukan. Sehingga kita semua perlu mengawal pendidikan karakter ini untuk merubah prilaku anak dari berpikir irasional menjadi rasional.