(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

“SIKEDIP” ANTARKAN KALBAR RAIH PENGHARGAAN KETERBUKAAN INFORMASI

Admin disdikpora | 22 Oktober 2018 | 928 kali

“SIKEDIP” ANTARKAN KALBAR RAIH PENGHARGAAN KETERBUKAAN INFORMASI

Pontianak, 19 Oktober 2018 | DISDIK TODAY
Sistem Kelola Daftar Informasi Publik (SIKEDIP) merupakan salah satu inovasi yang diterapkan Pejabat Pengelola Informasi Daerah (PPID) Provinsi Kalimantan Barat dalam pelaksanaan keterbukaan informasi publik. Inovasi yang mengantarkan Kalbar meraih Penghargaan Nasional Keterbukaan Informasi dari Wakil Presiden ini berbentuk aplikasi pengelolaan daftar informasi publik secara online yang dapat diakses pada laman www.sikedip.kalbarprov.go.id terintegrasi dengan OPD di lingkungan Pemprov Kalbar dan Kab/Kota se Kalimantan Barat.

Melalui SIKEDIP masyarakat dapat dengan mudah mengetahui dimana mencari informasi yang dibutuhkan terkait pelayanan publik yang diselenggarakan badan publik, dalam hal ini instansi pemerintah daerah sehingga dapat memperoleh informasi secara cepat, tepat dan akurat. Demikian disampaikan Asisten Administrasi dan Umum Setda Provinsi Kalbar, Dra. Marlyna, M.Si. saat menerima rombongan study komparasi PPID Kabupaten Buleleng, Jumat 19 Oktober 2018.

“Hanya dengan “sekedip atau sekejap” diaharapkan Pemerintah Provinsi Kalbar dapat memberikan layanan informasi kepada masyarakat dengan mengakses SIKEDIP,” imbuhnya.

Disamping inovasi aplikasi SIKEDIP, sinergitas pengelolaan informasi publik di Bumi Khatulistiwa ini juga terbangun dengan baik antara PPID Utama, PPID Pembantu yang tersebar di 24 SKPD Lingkup Pemprov Kalbar dan juga PPID Kabupaten/Kota se Kalimantan Barat. Koordinasi layanan informasi dan dokumentasi daerah yang dikomando oleh Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Kalbar juga secara intens menjalin kerjasama dengan Komisi Informasi Provinsi Kalimantan Barat. Sebagaimana diakui Ketua KI Provinsi Kalbar, Rospita Vici Paulyn, ST. yang turut serta menerima kunjungan bersama SKPD terkait lainnya di Balai Petitih, Kantor Gubernur Kalimantan Barat.

Komisi Informasi Provinsi Kalimantan Barat membangun sinergitas dengan PPID Utama Provinsi Kalimantan Barat dan Dinas Kominfo Provinsi Kalimantan Barat. Dalam mendorong percepatan keterbukaan informasi, KI melakukan sosialisasi terus menerus kepada PPID terkait tugas dan tanggung jawabnya dari tingkat provinsi sampai ke kabupaten/kota. KI mendorong badan-badan publik mulai menggunakan pengelolaan website secara baik dan mengembangkan suatu sistem aplikasi.

“Salah satu yang menjadi unggulan Provinsi Kalimantan Barat yang kemudian mengantarkan Kalbar tahun 2017 kemaren meraih peringkat pertama tingkat nasional dalam keterbukaan informasi publik adalah Aplikasi SIKEDIP,” jelasnya.

Sementara Ketua Rombongan Study Komparasi PPID Kabupaten Buleleng yang juga Kepala Dinas Kominfo-Sandi Kabupaten Buleleng, Dr.Drs. I Ketut Suweca, M.Si dalam kesempatan tersebut menyampaikan tujuan kunjungan adalah untuk belajar, bagaimana mengelola PPID sehingga PPID Kalimantan Barat sukses hingga ke tingkat nasional, serta bagaimana kiat-kiat atau strategi dari PPID Kalimantan Barat untuk mencapai prestasi terbaiknya hingga saat ini.

Studi Komparasi PPID Kabupaten Buleleng ke provinsi yang wilayahnya dilalui Sungai Kapuas ini terdiri dari PPID Utama dan PPID Pembantu di masing-masing SKPD Lingkup Pemkab Buleleng. Sementara PPID Pembantu Disdikpora Kabupaten Buleleng diwakili oleh Kasubag Perencanaan, Ida Bagus Gde Surya Bharata, S.Pd.,MAP.