(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

SMP N 2 SINGARAJA PELASPAS GONG KEBYAR

Admin disdikpora | 01 Februari 2018 | 653 kali

SMP N 2 SINGARAJA PELASPAS GONG KEBYAR

Singaraja, Rabu 31 Januari 2017|DISDIKTODAY

Serangkaian Persembahyangan Bersama rainan Purnama Kawulu di SMP N 2 Singaraja juga dilaksanakan upacara Pemelaspas satu barung Gong Kebyar bantuan Disdikpora Kabupaten Buleleng.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng, Drs. Gede Suyasa, M.Pd. yang hadir dalam kesempatan ini diwakili Kabid Pembinaan SMP, I Made Sedana, S.Pd, M.Pd. dan Kasi Kelembangaan dan Sarpras SMP Ni Ketut Santrini, S.Sos. Nampak juga undangan lainnya hadir dalam acara tersebut seperti Ketua Komite SMPN 2 Singaraja.
Rangkaian upacara pemelaspas dan persembahyangan juga diisi Pementasan Perdana gamelan yang dilakukan siswa-siswi kelas Sembilan disertai pementasan tarian Rejang Renteng oleh ibu guru dan tari Truna Jaya oleh siswa.

Lebih lanjut, Disdikpora Buleleng dalam pengadaan bantuan satu barung gong kebyar ini sumber dananya dari APBD Pemkab Buleleng tahun 2017 yang disiapkan di anggaran perubahan tahun 2017 senilai 200 juta rupiah.

Selanjutnya, Gong kebyar ini sendiri merupakan gong pacek ciri khas Gong Kebyar asli Buleleng sehingga siswa bisa mempraktekan langsung serta tahu bahwa gong kebyar Buleleng seperti ini.
Kedepan , dengan adanya satu barung gong Kebyar ini bisa dimanfaatkan khususnya oleh siswa siswi dalam berkesenian disekolah.Selain itu Gong Kebyar SMP N 2 Singaraja direncanakan akan tampil dalam ajang BEE tahun 2018 berdampingan dengan SMP N 4 Singaraja yang juga direncanakan akan menerima bantuan gong kebyar di tahun 2018.