(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

SMP NEGERI 4 SINGARAJA TERIMA PENGHARGAAN ADI WIYATA MANDIRI TAHUN 2017

Admin disdikpora | 03 Agustus 2017 | 424 kali

SMP NEGERI 4 SINGARAJA
TERIMA PENGHARGAAN ADI WIYATA MANDIRI TAHUN 2017

 

Jakarta, DISDIK TODAY | Awal bulan kemerdekaan ini, Pemerintah Kabupaten Buleleng dianugerahi satu penghargaan Adiwiyata Mandiri. Penghargaan di bidang Lingkungan Hidup ini, merupakan penghargaan bagi satuan pendidikan yang memiliki perhatian dan kepedulian terhadap kelestarian lingkungan hidup yang bertujuan untuk mewujudkan warga sekolah yang bertanggung jawab dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup melalui tata sekolah yang baik untuk mendukung pembangunan berkelanjutan.

 

Adalah SMP Negeri 4 Singaraja yang berhasil memperoleh Penghargaaan tersebut. Penghargaan diserahkan langsung oleh Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo didamping Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar, M.Sc, serta beberapa Menteri Kabinet Kerja RI dalam Peringatan Hari Lingkungan Hidup dan Land Mark Hutan Indonesia di Plaza Ir. Soedjono Soerjo, Gedung Manggala Wanabakti, Jalan Gatot Subroto, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu 02 Agustus 2017.

 

Hadir dalam pemberian penghargaan tersebut Kepala SMP Negeri 4 Singaraja, Putu Budiastana, S.Pd, M.Pd dan OPD terkait yaitu Disdikpora Buleleng yang dalam kesempatan ini diwakili oleh Kabid PSMP, I Made Sedana, S.Pd, M.Pd dan Dinas Lingkungan Hidup yang diwakili Kabid Penataan Kapasitas Lingkungan Hidup, Drs. Putu Ciptayasa. Dalam pernyataannya, Kabid PSMP Disdikpora Buleleng menyatakan bangga akan prestasi yang di raih oleh SMP Negeri 4 Singaraja, mengingat di Kabupaten Buleleng hanya satu sekolah yang menerima penghargaan bergengsi di bidang lingkungan hidup tersebut.

 

Menurutnya, SMP Negeri 4 Singaraja dinilai telah berhasil menerapkan sekolah yang berbasis lingkungan hidup. Pasalnya, penghargaan Adiwiyata Mandiri ini diberikan kepada sekolah yang mampu menerapkan empat indikator yakni kebijakan sekolah berbasis lingkungan, kurikulum berbasis lingkungan, partisipatif berbasis lingkungan dan sarana prasarana berbasis lingkungan. ‘’Selain itu, penghargaan Adiwiyata ini juga bukan hanya sekadar diberikan kepada sekolah terbersih, indah, nyaman dan aman saja. Namun yang terpenting, pihak sekolah sebagai pengambil kebijakan harus mampu membudayakan hidup bersih di lingkungan sekolah,” ujarnya.

 

Sementara itu, Kabid Penataan Kapasitas Lingkungan Hidup DLH Buleleng, Drs. Putu Ciptayasa, menegaskan, SMP Negeri 4 Singaraja merupakan salah satu dari 4 sekolah di Bali yang menerima penghargaan serupa, namun hal yang paling membanggakan adalah SMP Negeri 4 Singaraja merupakan yang terbaik di Bali dalam penerimaan penghargaan ini. Di sisi lain, Kepala SMP Negeri 4 Singaraja menyatakan bahwa pihaknya merasa bersyukur atas penghargaan yang diraih ini. Kedepan pihaknya akan selalu terus berupaya menyadarkan seluruh warga sekolah akan pentingnya sekolah yang bersih, hijau dan nyaman dan akan berupaya melakukan berbagai kegiatan partisipatif guna menjaga ekosistem satuan pendidikan sehingga tetap terpelihara secara baik.