(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

SOSIALISASI AKREDITASI LEMBAGA PAUD-PNF

Admin disdikpora | 16 Oktober 2017 | 1114 kali

SOSIALISASI AKREDITASI LEMBAGA PAUD-PNF

Lovina, DISDIK TODAY | Bertempat di Melka-Lovina, Disdikpora Kabupaten Buleleng menggelar sosialisasi akreditasi terhadap 50 lembaga PAUD - PNF se-Kabupaten Buleleng. Kegiatan yang berlangsung sehari pada Jumat, 13 Oktober 2017 ini menghadirkan Ketua Badan Akreditasi Provinsi (BAP) Bali, Drs. I Made Ardana, M.Si dan dua orang asesor masing-masing asesor PAUD dan asesor PNF sebagai Narasumber.

Sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan informasi dan pengetahuan tentang pentingnya akreditasi bagi lembaga. Disamping itu regulasi dan dokumen yang harus disiapkan serta tahapan akreditasi juga dijelaskan pada kegiatan dimaksud.

Kepala Disdikpora Kabupaten Buleleng melalui sambutan tertulis yang disampaikan oleh Kabid Pembinaan PAUD-PNF, Dra. Nengah Pujiani, MAP. didampingi Kasi Kurikulum PAUD-PNF, Komang Sudarsana, S.Pd. menegaskan bahwa akreditasi merupakan penilaian kelayakan pelaksanaan program pendidikan terhadap suatu lembaga. Melalui akreditasi maka lembaga akan mengetahui sejauh mana 8 standar nasional pendidikan sebagaimana tertuang dalam PP Nomor 32 tahun 2013 tentang perubahan ke dua atas PP Nomor 19 tahun 2005 dapat mereka penuhi.

Lebih lanjut disampaikan bahwa pemetaan mutu yang diperoleh dari akreditasi dapat dijadikan acuan lembaga dalam menyusun rencana kerja kedepannya. Selain itu jika merujuk pada Permendiknas No. 63 tahun 2009 tentang penjaminan mutu pendidikan maka mau tidak mau semua lembaga pendidikan mesti melalui proses akreditasi. Konsekuensi nyata di lembaga PNF yaitu PKBM khususnya yang melaksanakan program kesetaraan baik Paket A, B maupun C yang belum terakreditasi maka lembaga bersangkutan tidak boleh menyelenggarakan Ujian Nasional dan harus menginduk ke lembaga yang sudah terakreditasi.

Menyikapi hal tersebut Disdikpora Kabupaten Buleleng terus memfasilitasi Lembaga PAUD-PNF melalui kegiatan sosialisasi, bimtek dan pendampingan akreditasi. Selanjutnya beliau berpesan kepada peserta untuk mengikuti kegiatan sosialisasi ini dengan baik sehingga nantinya mereka mampu mempersiapkan diri untuk mengikuti akreditasi demi meningkatkan mutu serta kualitas pendidikan yang dilaksanakan oleh lembaga PAUD dan PNF di Kabupaten Buleleng.