(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

SOSIALISASI DAPODIK DAN ADMINDUK DI UPP BANJAR

Admin disdikpora | 06 September 2017 | 406 kali

SOSIALISASI DAPODIK DAN ADMINDUK DI UPP BANJAR

Banjar, DISDIK TODAY| Sedikitnya 59 Kepala SD/MI dan Pengawas Sekolah yang ada di kecamatan Banjar, Selasa 5 September 2017 mengikuti Sosialisasi Pemuktahiran Data Pokok Pendidikan (DAPODIK) dan Administrasi Kependudukan di Aula UPP Kecamatan Banjar.

Acara yang terselenggara antara Disdikpora Kabupaten Buleleng, Disdukcapil Kabupaten Buleleng dan K3S Kecamatan Banjar berlangsung secara bergilir. Baik Tim dari Disdikpora Kabupaten Buleleng yang diwakili Kasubag Perencanaan, Ida Bagus Gde Surya Bharata didampingi Kepala UPP Kecamatan Banjar, Made Pastima, S.Pd. bersama Operator Dapodik, Dewa Ketut Sudiatmika.

Sementara dari pihak Disdukcapil hadir Kabid Pengelolaan Informasi Adminduk, Wayan Pama Atmaja, S.Pd., Kabid Pelayanan Pencatatan Sipil, Dra. I Gusti Ayu Paryatni, MAP. dan Kasi Kelahiran, Elvi Robin, SH. Dalam paparan terkait adminduk yang disampaikan secara bergilir baik kebijakan dan teknis diantaranya pengurusan akte perkawinan dan akte kelahiran. Hal ini dilaksanakan guna memaksimalkan hak warga negara dalam bidang Kependudukan khususnya yang berkaitan dalam pendidikan.

Selanjutnya untuk Sosialisasi Dapodik disampaikan adanya kebijakan baru tentang teknis Dapodik yang sesuai dengan Permendibud Nomor 79 Tahun 2015 tentang Data Pokok Pendidikan bertujuan mewujudkan basis data tunggal sehingga dapat tercipta tata kelola data pendidikan yang terpadu dan menghasilkan data yang representatif untuk memenuhi kebutuhan Kementerian dan pemangku kepentingan lainnya, dan selanjutnya mendukung peningkatan efisiensi, efektif, dan sinergi kegiatan pengumpulan data pokok yang terintegrasi dalam satu sistem pendataan untuk digunakan oleh Kementerian dan seluruh pemangku kepentingan.

Kegiatan Sosialisasi Dapodik dilaksanakan secara maraton di sembilan kecamatan di Kabupaten Buleleng.