(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

SOSIALISASI KEAKSARAAN FUNGSIONAL TINGKAT DASAT

Admin disdikpora | 23 Juni 2017 | 799 kali

SOSIALISASI KEAKSARAAN FUNGSIONAL TINGKAT DASAT

Singaraja, DISDIK TODAY| Sosialisasi pelaksanaan program keaksaraan fungsional (KF) tingkat dasar atau program penuntasan buta aksara mengambil tempat di aula SPNF SKB Buleleng, Kamis 22 Juni 2017.

Data buta aksara Kabupaten Buleleng sampai tahun 2017 tercatat sebanyak 2602 orang tersebar di 9 kecamatan. Menindaklanjuti hal tersebut Disdikpora Kabupaten Buleleng yang merupakan perpanjangan tangan pemerintah daerah di bidang pendidikan melalui Bidang Pembinaan PAUD dan PMF kali ini akan menangani 200 orang warga buta aksara yang dibagi menjadi 20 kelompok.

Pada program ini warga belajar tidak hanya akan diberikan pembelajaran CALISTUNG tapi mereka juga akan dibekali keterampilan fungsional dimana keterampilan itu disesuaikan dengan minat dan potensi daerah masing-masing, seperti misalnya : pembuatan minyak VCO (virgin coconut oil) di Desa Depeha, anyaman bambu di Desa Tigawasa, dan lainnya.

Program ini akan berlangsung selama 6 bulan kedepan dari Kuli s.d. Desember dengan beban jam pelajar 114 jampel (1 jampel : 45 menit).

Pada pertemuan tersebut Disdikpora melalui Bidang Pembinaan PAUD & PNF diwakili Kasi Kurikulum PAUD & PNF Komang Sudarsana, S.Pd. menyerahkan ATK warga belajar kepada ketua penyelenggara kegiatan, dan disaksikan oleh Kepala SKB Buleleng Penilik Dikmas, Ketua PKBM dan Tutor KF.