(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

Sosialisasi Percepatan Program Indonesia Pintar (PIP) Tahun 2016 dan 2017

Admin disdikpora | 14 Agustus 2017 | 367 kali

Sosialisasi Percepatan Program Indonesia Pintar (PIP) Tahun 2016 dan 2017


Singaraja, DISDIK TODAY | Kamis 10 Agustus 2017, bertempat di Aula SMP N 2 Singaraja, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar & Menengah melaksanakan sosialisasi di hadapan seluruh operator PIP SMP Negeri-Swasta se- Kabupaten Buleleng. Didampingi Kasi Peserta Didik SMP Disdikpora Buleleng bersama pihak BRI Cabang Buleleng Ditjen Dikdasmen mengkoordinasikan percepatan pencairan PIP, mengingat pencairan tahap 1 harus sudah tuntas pada 17 Agustus 2017.

Sehubungan dengan hal tersebut pihak Kemendikbud meminta pihak BRI agar memfasilitasi kebutuhan pencairan yang selama ini masih menemui kendala terutama di Unit- unit BRI Kecamatan agar sekolah diberikan mencairkan secara kolektif sehingga target bisa terpenuhi.

Selanjutnya dari sosialisasi ini melahirkan keputusan bahwa pencairan bea siswa ini bisa dilakukan secara kolektif apabila jarak yang jauh antara sekolah dengan Unit BRI dengan membawa surat pertanggungjawaban mutlak dari kepala sekolah.

Sementara, siswa yang sudah tamat masih berhak menerima PIP dengan melampirkan surat kuasa, sedangkan untuk siswa yang putus sekolah pencairan PIP-nya akan dipending mengingat prinsip pemberian PIP hanya untuk siswa yang sedang melakukan proses pendidikan. Kemudian untuk syarat pencairan disepakati dengan melampirkan fotocopy KTP, KK dan Surat Keterangan Kepala Sekolah dengan melampiri daftar nama siswa penerima PIP.

Kunci dari keberhasilan pencairan PIP ini ada di tangan operator PIP. Hanya data yang diinput lengkap dan benar yang bisa dicairkan, dan kemudian ditekankan agar pihak Cabang BRI menyampaikan informasi ke Unit-unitnya sehingga pelayanan yang terkoordinir dengan baik bisa diberikan kepada sekolah untuk menekan jumlah PIP yang selama ini belum bisa dicairkan