(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

SOSIALISASI SI-RKAS SMP DIMULAI

Admin disdikpora | 06 Mei 2019 | 417 kali

SOSIALISASI SI-RKAS SMP DIMULAI

Tejakula, 03 April 2019 | DISDIK TODAY
Mengingat begitu pentingnya melakukan manajemen keuangan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dari Pemerintah, maka diperlukan suatu sistem yang mampu melakukan pencatatan, perencanaan, pelaksanaan, pertanggungjawaban dan pelaporan dalam aplikasi yang disebut Sistem Informasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (SI-RKAS).

Aplikasi ini merupakan jawaban dari kebutuhan tersebut yang diharapkan berbagai pihak terjalin koordinasi sehingga tercapai output sebuah informasi yang terintegrasi dengan format yang dikeluarkan Pemerintah dalam pengelolaan BOS. Aplikasi ini merupakan sistem yang memberikan banyak kemudahan bagi sekolah dalam menyusun RKAS secara online dan bisa langsung diawasi secara online oleh pihak Kabupaten dan Pusat, sehingga kesalahan-kesalahan dalam penyusunan bisa menghasilkan RKAS yang baik. Fitur-fitur yang disediakan juga cukup lengkap yang memudahkan sekolah dalan mengolah data baik secara online maupun offline.

Kegiatan Sosialisasi yang digelar Seksi Peserta Didik, Bidang Pembinaan SMP Disdikpora Kabupaten Bulelemg ini merupakan pengimbasan dari Sosialisasi E-RKAS yang dilaksanakan oleh Dirjen Dikdasmen Kemdikbud RI pada 16-19 April 2019 lalu di hotel Souvereign,Badung, Bali yang mengundang operator RKAS 9 Kabupaten/Kota se-Bali.

Seksi Peserta Didik SMP Disdikpora Kabupaten Buleleng mengawali sosialisasi menyasar satuan pendidikan SMP di kecamatan Tejakula kemudian dilanjutkan secara bergilir di semua kecamatan selama 9 hari. Acara dibuka secara resmi Kabid PSMP, I Nyoman Sutama, S.Pd.,M.Pd. didampingi oleh Kasi Peserta Didik SMP, Putu Primasuta, S. Sn. beserta staf.