(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

SOSIALISASI USBN SD/MI SE-KABUPATEN BULELENG TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Admin disdikpora | 11 Maret 2019 | 704 kali

SOSIALISASI USBN SD/MI SE-KABUPATEN BULELENG TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Singaraja, Senin 11 Maret 2019|DISDIKTODAY

Sesuai dengan Peraturan Badan Standar Nasional Pendidikan Nomor: 0048/BSNP/XI/2018 Tentang Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan Ujian Sekolah Berstandar Nasional Tahun Pelajaran 2018/2019, maka sebagai tindak lanjut dari peraturan tersebut Pemerintah Kebupaten Buleleng melalui leading sector Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng menggelar Sosialisasi USBN SD/Mi. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada peserta sosialisasi agar mengetahui apa tugas dan kewenangan satuan pendidikan dalam pelaksanaan USBN.

Seperti yang disampaikan Sekretaris Disdikpora Buleleng, Made Astika, S.Pd, MM mewakili Kadisikpora Buleleng mengungkapkan pentingnya pemahaman lebih dalam tugas dan kewenangan tersebut.Seperti halnya tugas tentang pembentukan panitia pelaksana USBN, melakukan sosialisasi USBN , menerima kisi-kisi indikator soal dari KKG/MGMP, mengkoordinasi penyusunan dan perakitan soal USBN dan lain sebagainya.

Sedangkan untuk kewenangan tahun ini Satuan Pendidikan dialihkan ke Dinas Kab/Kota terkait dengan beberapa kewenangan diantaranya mengamankan master soal beserta kelengkapannya, mencetak kartu peserta USBN, menggandakan naskah soal USBN berikut kelengkapannya sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan, melakukan pemeriksaan lembar jawaban peserta USBN (PILIHAN GANDA) dan seterusnya.

Selanjutnya kegiatan ini turut hadir Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Buleleng Drs. I Gusti Komang Sumberjana , Perwakilan Dewan Pendidikan Kabupaten Buleleng, Drs. Ketut Toya Sumartha, M.Pd, Kabid PSD, I Nyoman Darta, S.Pd, M.Pd, Kasubag Perencanaan, Made Kawiarsa, S.Pd.Korwil Se-kecamatan, Korwas Kabupaten Buleleng dan tentunya Gugus inti serta Kepala sekolah se-Kabupaten Buleleng.

Dari perwakilan Kemenag Buleleng juga menyampaikan apresiasi kepada Disdikpora Buleleng atas kerjasama yang terjalin begitu baik selama ini, tentu dengan adanya sinergitas selama ini di bidang pelayanan pendidikan khususnya untuk satuan pendidikan SD/ Mi bisa terlaksana dengan baik.Sedangkan Perwakilan Dewan Pendidikan Kab. Buleleng yang selama ini bertugas mengawasi jalannya pelaksanaan persiapan USBN juga akan selalu senantiasa beriringan guna kesuksesan ujian tahun ini. Selanjutnya diakhir kegiatan dilanjutkan dengan sesi diskusi.