(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

SPM DAN IKM TAHUN 2019 : “PELAYANAN DISDIKPORA BULELENG MENGALAMI PENINGKATAN”

Admin disdikpora | 16 Desember 2019 | 435 kali

SPM DAN IKM TAHUN 2019 : “PELAYANAN DISDIKPORA BULELENG MENGALAMI PENINGKATAN”
Temukus, Jumat 13 Desember 2019|DISDIKTODAY
Kegiatan Sosialisasi Laporan Penelitian SPM dan IKM tahun 2019 dibuka secara resmi oleh Sekretaris Disdikpora Buleleng, Made Astika, S.Pd, MM mewakili Kadisdikpora Buleleng. Dalam penyampaian Sambutan dan arahan dapat disampaikan bahwa kegiatan ini merupakan kerjasama Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng dengan Universitas Pendidikan Ganesha.Dpaat disampaikan bahwa point pertama untuk khususnya untuk pelaksananaan IKM adalah bagaimana Disdikpora menilai dirinya sendiri guna mencari tahu sejauh mana pelayanan disatuan pendidikan yang ada di Kabupaten Buleleng.Forum ini bukan hanya sekedar penelitian yang harus disimak saja , tetapi diharapkan ada masukan-masukan untuk kedepannya seperti apa.Jadi untuk semua peserta yang hadir diharapkan lebih aktif saat mengikuti kegiatan ini.

Selanjutnya, Sebelum keinti acara Kasubbag Perencaraan, Gede Wardhana, S.Kom bertugas sebagai ketua panitia melaporkan bahwa tujuan dari pada kegatan ini adalah yang pertama untuk mengetahui implementasi pemenuhan standar pelayanan minimal di satuan pendidkan untuk memenuhi SNP di Kab. Buleleng. Yang kedua untuk mengetahui tingkat kinerja Disdikpora secara berkala, sebagai bahan untuk menetapkan kebijakan dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik selanjutnya bagi masyarakat, Indeks Kepuasan Masyarakat dapat digunakan sebagai gambaran tentang kinerja pelayanan di Disdikpora. Peserta sosialisasi ini berasal dari satuan Pendidikan se-Kabupaten Buleleng serta mengundang Dinas terkait serta pemangku pendidikan.Kegiatan berlangsung selama 1 hari Jumat, 13 Desember 2019 bertempat di aula krisna wisata kuliner, Desa Temukus.

Setelah melaksanakan kegiatan survey IKM selama 2 bulan dan SPM 1,5 bulan , Tim Peneliti dari Undiksha akhirnya menyampaikan hasil Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) dan Tim Pengkajian Standar Pelayanan Minimal (SPM).Diketuai oleh Dr. I Nengah Suastika, M.Pd. beserta tim Dra. Desa Oka Purnawati.,M.Hum. dan A. A. Istri Dewi Adhi Utami, S.Pd.,M.Pd pada awal acara di paparkan materi Standar Nasional Pendidikan dan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM).Kegiatan pun diisi dengan sharing dari para peserta sosialisasi.Diakhir acara Ketua tim Peneliti saat diwawancarai mengungkapkan bahwa, secara umum bisa disampaikan bahwa terjadi peningkatan, baik di standar proses maupun pada indeks kepuasan masyarakat.Jika dilihat dari standar proses per-kecamatan maupun secara keseluruhan sudah berada dikategori baik, ini menandakan bahwa rekomendasi yang kita berikan tahun sebelumnya sudah dilaksanakan dengan baik.Selanjutnya untuk indeks kepuasan masyarakat tentang layanan yang diberikan oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabuaten Buleleng dari tahun ketahun mengalami pebaikan sesuai dengan rekomendasi dari kami.