(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

TALK SHOW COMPRENEURSHIP, DISDIKPORA BULELENG PAPARKAN "YUWANA ASRI"

Admin disdikpora | 09 Maret 2020 | 314 kali

TALK SHOW COMPRENEURSHIP, DISDIKPORA BULELENG PAPARKAN "YUWANA ASRI"

Singaraja, 8 Maret 2020 | DISDIK TODAY
Guna memberikan informasi kewirausahaan tentang pemanfaatan media digital dikalangan millennial di Kabupaten Buleleng, STAHN Mpu Kuturan Singaraja menggelar Talk Show Compreneurship dengan tema "Be Productive Millennial By Utilizing Digital Media."

Kegiatan yang berlangsung di Sasana Budaya Singaraja, Minggu 8 Maret 2020 menghadirkan pembicara dari beberapa stakeholder, salah satunya Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng. Adapun masing-masing penyaji dari unsur Praktisi Wirausaha, Jero Jemini, dari unsur Birokrasi, Disdikpora Kabupaten Buleleng diwakili oleh Kabid Pemuda dan Olahraga, Ida Bagus Gde Surya Bharata, unsur Akademisi, I Wayan Supada dan Bintang Tamu, Content Creator sekaligus Celegram, Puja Astawa.

Kabid Pemuda dan Olahraga Disdikpora Kabupaten Buleleng dalam paparannya menyampaikan pentingnya pengetahuan pemuda Buleleng, khususnya para millennial sebagai penerus bangsa memiliki arah yang jelas dalam menuju sukses nantinya. Pemuda sesuai amanat Undang-Undang No 40 Tahun 2009 tentang Kepemudaan itu diatur mulai umur 16 sampai dengan 30 tahun. Pembangunan kepemudaan dilaksanakan dalam bentuk pelayanan kepemudaan dengan fungsi penyadaran, pemberdayaan, pengembangan potensi kepemimpinan, kewirausahaan, serta kepeloporan pemudadalam segala aspek kehidupan berbangsa dan bernegara.

Jika itu disadari, maka diperlukan sebuah konsep yang menjadi "interest" atau arah ketertarikan agar generasi muda Buleleng senantiasa ingat bahwa pemuda memiliki kesempatan yang luar biasa untuk membentuk masa depan yang lebih baik, terlebih di era digital ini. Sementara konsep yang dipaparkan adalah Yuwana ASRI, yang sama dengan nama salah satu RTH di kota Singaraja. Yuwana ASRI adalah Pemuda yang Active, Smart, Responsible dan Independent. Pemuda haruslah aktif, cerdas, bertanggung jawab dan mandiri.

Dengan mengetahui data angka harapan hidup Indonesia yang dikisaran 72 tahun maka penting bagi pemuda mempersiapkan diri dengan lebih matang untuk mencapai kesuksesan secara financial sebelum usia 30 tahun. Sehingga nantinya dapat dilanjutkan dengan aktualisasi diri secara lebih matang ditataran usia 30 sampai 60 tahun dengan berkarier di negeri seperti menjadi eksekutif, legislatif dan yudikatif, atau di interest di sektor swasta sebagai pengusaha, wirausaha, sosial kemasyarakatan dengan berbagai profesi yang menjadi passion-nya. Selanjutnya, setelah itu mulai memasuki usia pensiun/purna tugas dengan melakukan "success regeneration" melalui edukasi, motivasi dan duplikasi bagi generasi-generasi berikutnya.

Acara yang berlangsung sehari tersebut juga digelar serangkaian menyambut HUT Kota Singaraja ke 416 Tahun 2020 dengan diikuti peserta dari kalangan pelajar SMA/SMK dan Mahasiswa se Buleleng.