(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

TINGKATKAN APK PAUD : BUNDA PAUD DESA / KELURAHAN ADU KEBOLEHAN

Admin disdikpora | 28 November 2017 | 1031 kali

TINGKATKAN APK PAUD : BUNDA PAUD DESA / KELURAHAN ADU KEBOLEHAN

Singaraja, DISDIKTODAY| Dalam upaya meningkatkan kreativitas Bunda PAUD Desa dan Kelurahan di Kabupaten Buleleng, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng bersama Bunda PAUD Kabupaten Buleleng menggelar kegiatan Apresiasi Bunda PAUD Desa dan Kelurahan Berprestasi Tingkat Kabupaten Buleleng Tahun 2017. Kegiatan yang diikuti oleh tujuh Bunda PAUD Desa dan satu Bunda PAUD Kelurahan dari sembilan Kecamatan di Kabupaten Buleleng berlangsung di Ranggon Sunset, Pantai Penimbangan, Senin (27/11).

Dalam sambutannya saat membuka acara tersebut, Bunda PAUD Kabupaten Buleleng, Ny.Aries Suradnyana yang didampingi Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Buleleng, Ny.Wardhany Sutjidra dan Ny.Indriani Puspaka menyampaikan agar kedepannya kegiatan semacam ini juga dilombakan Bunda PAUD Kecamatan. Hal ini nantinya dapat menjadi motor penggerak Pendidikan Anak Usia Dini di wilayahnya masing-masing. Lebih lanjut pihaknya berharap melalui kegiatan ini pula dapat meningkatkan Angka Partisipasi Kasar (APK) PAUD di Kabupaten Buleleng dari tahun sebelumnya, mengingat PAUD amat penting saat ini untuk mempersiapkan golden-age sebagai bonus demografi di masa mendatang.

Sementara Kepala Disdikpora Kabupaten Buleleng, Drs. Gede Suyasa, M.Pd. dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan ini ke depannya akan terus ditingkatkan penyelenggaraannya. Hal ini mengingat komitmen Pemerintah Kabupaten Buleleng dalam pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini sudah mendapat apresiasi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Maka dari itu Pemerintah Kabupaten Buleleng melalui Disdikpora Kabupaten Buleleng akan selalu berupaya meningkatkan kinerja PAUD di Buleleng melalui kerja sama dengan pihak terkait, seperti Bunda PAUD, dan Pemerintah Desa.

Selanjutnya, dari delapan peserta Bunda PAUD Desa dan Kelurahan yang melaksanakan presentasi diseleksi bedasarkan Profil Bunda PAUD masing-masing yang sudah dikirimkan sebelumnya. Kemudian mereka menyampaikan paparan di hadapan dewan juri dengan meliputi kreteria, yaitu : peningkatan Angka Partisipasi Kasar (APK) PAUD dan Pengololaan Anggaran dari Dana Desa dan CSR. Sedangkan Tim Juri kegiatan ini berasal dari unsur Tim Bunda PAUD Kabupaten Buleleng, Tim Penggerak PKK Kabupaten Buleleng dan Dosen Universitas Pendidikan Ganesha.

Dari seleksi yang dilakukan dewan juri, Juara I berhasil diraih oleh Komang Ardani, Bunda PAUD Desa Pegadungan Kecamatan Sukasada; Juara II diraih Luh Widianingsih, Bunda PAUD Desa Kalisada Kecamatan Seirirt; dan Juara III diraih, Nyoman Labasari, S.Pd.AUD, Bunda PAUD Kelurahan Kampung Kajanan Kecamatan Buleleng.

Sedangkan Harapan I diraih Luh Putrining, Bunda PAUD Desa Sanggalangit Kecamatan Gerokgak, Harapan II diraih Setyaning Dewi Sundari, Bunda PAUD Desa Subuk Kecamatan Busungbiu, dan Harapan III diraih Ketut Anggarini, Bunda PAUD Desa Kubutambahan Kecamatan Kubutambahan.