(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

TINGKATKAN KOMPETENSI TPK - KB MELALUI WORKSHOP PENYUSUNAN K-13

Admin disdikpora | 15 Mei 2018 | 372 kali

TINGKATKAN KOMPETENSI TPK - KB MELALUI WORKSHOP PENYUSUNAN K-13

Lovina, DISDIK TODAY|
Dalam upaya meningkatkan kompetensi Tim Penyusun Kurikulum (TPK) 2013 pada lembaga layanan Kelompok Bermain (KB) maka Disdikpora Kabupaten Buleleng pada hari Senin, 14 s.d Kamis 17 Mei 2018 menyelenggarakan Workshop Penyusun K-13 KB di Melka-Lovina.

Kegiatan ini menyasar 20 orang peserta yang merupakan perwakilan lembaga KB se - Kabupaten Buleleng dan dibuka oleh
Sekretaris Disdikpora Kab. Buleleng I Made Ngadeg, S.Pd, M.Pd mewakili Kepala Disdikpora Kab. Buleleng, didampingi oleh Kasi Kurikulum PAUD-PNF, dan Penilik PAUD Nyoman Bagiada.

Dalam arahannya Sekretaris Disdikpora menekankan bahwa penyusunan kurikulum PAUD dalam hal ini layanan KB mesti berpedoman pada Permendikbud No. 146 tahun 2014 tentang K-13 PAUD. Revisi dan pengembangan kurikulum setiap kurun waktu tertentu adalah sebuah keniscayaan karena mesti menyesuaikan dengan perkembangan ilmu pengetahuan, situasi dan kondisi lembaga sehingga kurikulum yang tersusun menjadi paripurna.

Lebih lanjut disampaikan juga bahwa menjadi guru pada layanan ini tidaklah mudah mengingat usia sasarannya berkisar antara 2 s.d 4 tahun. Dibutuhkan kestabilan emosi dan tingkat kesabaran yang tinggi dalam menjalankan tugasnya. Jadi kemampuan akademik saja tidaklah cukup bagi seorang Pendidik PAUD, mesti banyak memahami filosofi dan literasi terkait psikologi anak dari berbagai sumber, imbuhnya saat mengakhiri sambutan.