(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

TINGKATKAN KUALITAS EVALUASI DISDIKPORA GELAR WORKSHOP ANALISIS TEST SMP

Admin disdikpora | 07 Februari 2018 | 307 kali

TINGKATKAN KUALITAS EVALUASI DISDIKPORA GELAR WORKSHOP ANALISIS TEST SMP

Lovina, DISDIK TODAY | Sesuai Permendikbud No. 3 Tahun 2017 tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pemerintah dan Penilaian Hasil Belajar oleh Satuan Pendidikan, khususnya dalam pasal 13 ayat 2, diamanatkan bahwa naskah (USBN) disiapkan oleh MGMP sejumlah 75% s.d 80% butir soal dibawah koordinasi Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota. Beranjak dari amanat tersebut, Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng, melalui Bidang PSMP melaksanakan Workshop Analisis Test SMP Kabupaten Buleleng Tahun 2018, guna melatih dan mempersiapkan guru mata pelajaran dalam hal menyusun butir-butir soal Ujian sekolah (US) dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) tahun pelajaran 2017/2018

Kegiatan ini dibuka, Selasa 06 Februari 2018 secara langsung oleh Kadisdikpora Buleleng, dalam hal ini diwakili oleh Sekdisdikpora Buleleng, I Made Ngadeg, S.Pd., M.Pd. didampingi Kabid PSMP, Kasi Kurikulum SMP, Kepala UPP Kecamatan se-Kabupaten Buleleng dan Pengawas SMP, dalam sambutannya beliau menegaskan tentang pentingnya integritas, untuk mengawal hal tersebut, dalam penilaian pendidikan pemerintah telah melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Itulah mengapa penilaian pendidikan juga memegang peranan yang penting dalam proses pendidikan. Dengan dilaksanakannya kegiatan seperti saat ini, kita diingatkan bagaimana mengawal penilaian pendidikan (baca; soal) yang baik dan valid dari segi konten, konstruk dan bahasa agar tidak terjadi ambigu dan bias.

Sementara itu, Kabid PSMP, I Made Sedana, S.Pd., M.Pd selaku ketua panitia melaporkan bahwa peserta dari kegiatan ini berjumlah 48 orang yang berasal dari 13 Guru Mapel SMP yang menerapkan Kurikulum 2006 maupun Kurikulum 2013. Dengan pelaksanaan workshop ini, guru mapel diharapkan dapat meningkatkan kompetensinya dalam penyusunan soal, mengetahui kaidah indikator dan kisi-kisi soal, menyusun butir soal pilihan ganda dan uraian serta mampu menganalisis butir soal secara kualitatif dan kuantitatif, imbuhnya.

Workshop Analisis Test SMP Kabupaten Buleleng Tahun 2018, sedianya akan berlangsung selama 4 hari, dari tanggal 06 s.d 09 Februari 2018 di Melka Excelsior Hotel, dengan pemateri yang berasal dari Undiksha Singaraja yaitu Prof. Dr. Sukadi, M.Pd., M.Ed dan 4 orang Widya Iswara LPMP Bali dengan pola 32 Jam Pelajaran dan 2 kelas rombongan belajar.