(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

TPMPD BULELENG IKUTI BIMTEK SPME

Admin disdikpora | 19 Oktober 2017 | 649 kali

TPMPD BULELENG IKUTI BIMTEK SPME

Denpasar, DISDIK TODAY | Bimbingan Teknis Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME) yang diselenggarakan oleh LPMP kali kedua, Tahun Anggaran 2017 dibuka oleh Plt. Ketua Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Bali, I Made Alit Dwitama, ST.,M.Pd. Selasa, 17 Oktober 2017 di lembaga setempat.

Bimtek yang berlangsung dari tanggal 17 - 19 Oktober 2017 diikuti Perwakilan Tim Penjamin Mutu Pendidikan Daerah (TPMPD) kabupaten/kota se Bali. Sementara TPMPD Kabupaten Buleleng dihadiri oleh Ketua Dewan Pendidikan Kabupaten Buleleng, Drs. I Gusti Ngurah Agung, bersama Anggota Drs. Ketut Sutha, Ketua MKPS SD, I Nyoman Rauh, S.Pd., Pengawas SMP, Ketut Kamir Astika, S.Pd., Kasi Kurikulum SD, Made Sudarmika, S.Pd., dan Kasi Kurikulum SMP, I G.N. Agung Sukrisna, S.Sn.

Plt. Ketua LPMP Bali dalam kesempatan tersebut sekaligus memberikan materi Kebijakan Pemerintah terkait SPME dengan menekankan bahwa mutu pendidikan di daerah merupakan tanggung jawab bersama. Bukan semata-mata tanggung jawab sekolah saja sebagai satuan pendidikan, akan tetapi keterlibatan stake-holder yang lainnya juga memiliki andil dalam mensukseskan tujuan pendidikan.

Adapun tujuan bimtek yang berlangsung sampai dengan 19 Oktober 2017 ini antara lain : meningkatkan pemahaman tentang penerapn SPME dan TPMPD; memberikan informasi terkait tugas TPMPD; menyiapkan strategi penerapan siklus penjaminan mutu eksternal mulai dari memetakan mutu, perencanaan peningkatan mutu, implementasi peningkatan mutu, monitoring dan evaluasi hingga penerapan standar baru dan strategi baru.

Disamping itu, kegiatan ini yang diikuti perwakilan Tim Penjamin Mutu Pendidikan Daerah (TPMPD) Kabupaten/Kota se Bali juga bertujuan membangun kesepakatan kejasama antara pemerintah daerah dan LPMP Bali untuk menjalankan pengembangan sekolah model dan pengimbasannya dalam rangka penjaminan mutu pendidikan di daerahnya.

Sementara hasil yang diharapkan adalah peserta dapat memahami penerapan SPME dan TPMPD disamping mendapat informasi tentang tugas TPMPD dan nantinya mampu menerapkan siklus penjimanan mutu eksternal mulai dari memetakan, perencanaan mutu, implementasi, monev hingga penerapan standar baru serta strategi baru. Selain itu, terbangunnya kesepakatan kerjasama antara pemerintah daerah dan LPMP Bali untuk menjalankan pengembangan sekolah model dan pengimbasannya dalam rangka penjaminan mutu pendidikan di masing-masing daerah.