(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

TPMPD KABUPATEN BULELENG KOORDINASI PROGRAM PMP 2021 KE LPMP BALI

Admin disdikpora | 18 Desember 2020 | 272 kali

TPMPD KABUPATEN BULELENG KOORDINASI PROGRAM PMP 2021 KE LPMP BALI

Denpasar, 17 Desember 2020 l DISDIKTODAY

Tim Penjaminan Mutu Pendidikan Daerah (TPMPD) Kabupaten Buleleng, hari ini berkunjung ke LPMP Provinsi Bali. Kunjungan TPMPD Kabupaten Buleleng yang diketuai oleh PLT. Sekretaris Disdikpora Kab. Buleleng, Ida Bagus Gde Surya Bharata, S.Pd, M.A.P hadir bersama Dewan Pendidikan, Pokja Pemetaan dan Pokja Fasilitasi diterima oleh Kepala Subbagian Sistem Informasi LPMP Bali I Gede Mastika.

Tujuan dari kegiatan ini adalah melakukan koordinasi dan memperoleh informasi terkait program apa saja yang akan dilaksanakan di tahun 2021 oleh LPMP Bali. Dengan adanya informasi program yang akan dilaksanakan nantinya, TPMPD Kabupaten Buleleng bisa mempersiapkan lebih awal apa yang menjadi target-target serta sasaran dalam penjaminan mutu pendidikan di Kabupaten Buleleng ke depannya.

Sejak tahun 2015 pembentukan tim yang terdiri dari beberapa unsur terkait seperti Dewan Pendidikan Kabupaten Buleleng, Bappeda Kabupaten Buleleng dan Pengawas Sekolah jenjang SD dan SMP, telah melaksanakan tugasnya sesuai pokja yang dibentuk. Melalui pertemuan yang diisi dengan diskusi baik dalam penyusunan perencanaan program, strategi peningkatan mutu di masing-masing sekolah, nantinya dapat sejalan dengan rekomendasi Peta Mutu Pendidikan LPMP Bali.

Sebagai informasi awal, kedepan LPMP Bali sesuai dengan nomenklaturnya akan mengalami penyesuaian dan berganti menjadi Bali Besar Penjaminan Peingkatan Mutu Pendidikan. Ini nantinya merupakan pengabungan fungsi penjamin mutu dari jenjang PAUD, Dikmas, Pendidikan Dasar dan Menengah.

Salah satu tugas utama adalah melakukan advokasi pendampingan kepada pemerintah daerah tentu dengan mitra Dinas Pendidikan di Kabupaten/ kota melalui TPMPD di daerah. Peluang kerjasama maupun kemitraan terkait program - program yang sudah berjalan tentu akan terus dilanjutkan dan dipertajam lagi.

Secara strategis diharapkan TPMPD bisa ruang lingkupnya diperluas lagi dari sisi kolaborasi satuan kerja yang didalamnya.

Selain itu, bisa berkolaborasi dan berdiskusi secara teknis seperti apa hasil - hasil capaian Pendidikan di masing-masing Kabupaten/Kota yang nantinya akan dibuatkan rekomendasi - rekomendasi terkait peningkatan Mutu Pendidikan.