(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

Tumbuhkan minat baca, Mendikbud minta RT/RW buat jam belajar

Admin disdikpora | 13 Januari 2015 | 821 kali

Menteri Kebudayaan Pendidikan Dasar dan Menengah (Mendikbud), Anies Baswedan, mengatakan, minat baca di kalangan masyarakat perlu dipupuk dari lingkungan terdekatnya. Oleh karena itu, dia menyarankan RT/RW membuat jam belajar di wilayahnya.

"Pertama itu gurunya, gurunya harus punya minat baca. Orang tuanya harus punya minat baca. Lalu anak-anaknya diajak punya minat baca. Lalu bagi masyarakat di komunitas yang RT/RW, buatlah jam belajar, jam membaca," kata Anies di Kantor Wakil Presiden, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat,

"Jadi jangan hanya nonton tv, tapi jam baca digalakkan. Kalau RT/RW bersemangat mengemban itu insya Allah yang lain-lain akan bersemangat," imbuhnya.

Pencetus gerakan Indonesia Mengajar ini menilai, ketersediaan buku di daerah-daerah terpencil bukan hambatan dalam menumbuhkan minat baca di kalangan masyarakat.

"Kalau ada kemauan, buku bisa dikirim dari mana saja, ke mana saja. Jadi begitu ada kemauan anda akan bisa cari buku. Barang bisa dikirim dengan mudah. Bahkan buku yang lain juga mudah," imbuh Anies.

Anies meminta masyarakat untuk memaksimalkan fungsi perpustakaan di daerah-daerah agar minat baca meningkat. "Perpustakaan-perpustakaan di daerah banyak, bisa dimanfaatkan," tutup Anies